10 Tanaman Hias Terbaik yang Bisa Atasi Insomnia

Tanaman hias bukan hanya sebagai aksen dekoratif untuk mempercantik sebuah hunian. Tanaman alami ini mengurangi tingkat karbon dioksida dan debu, membuatnya sangat efektif untuk diaplikasikan pada beberapa sudut interior.

Disamping manfaatnya yang umum diketahui banyak orang, tahukah anda bahwa keberadaan tanaman hias tertentu di kamar tidur bisa membantu tidur anda lebih nyenyak?. Anda bisa memilih banyak jenis tanaman hias untuk kamar, tetapi hanya beberapa terbaik yang bisa anda coba.

tanaman hias indoor
Keberadaan tanaman hias cantik di rumah pastinya membuat anda senang. Hal ini membuktikan bahwa tumbuhan juga membantu membuka indera, serta memberi energi pada pikiran dan tubuh. Jadi, memang terbukti bahwa tanaman indoor akan memberikan banyak hal positif untuk dekorasi interior dan penghuninya.

Anda bisa menempatkan tanaman hias di teras hingga interior rumah, termasuk kamar tidur. Jika anda seseorang yang menderita insomnia, merasa pusing, atau merasa lemas di pagi hari, anda bisa mempertimbangkan untuk menaruh tanaman hias indoor favorit anda ke dalam kamar tidur. 

Tanaman tidak hanya menyaring polusi, tetapi juga menghilangkan racun kimia (benzena, formaldehida, trichlorethylene,dll) yang efeknya ditemukan di dalam hunian. Tanaman memiliki sistem penyaringan alami yang dirancang untuk memurnikan racun kimia dan juga bisa melakukan keajaiban di malam hari, karena tanaman hias ternyata bisa menjadi jawaban untuk masalah tidur anda. 

Jenis Tanaman Hias untuk Kamar Tidur

1. Melati

tanaman hias indoor

Tanaman bunga melati adalah tanaman hias yang sangat menenangkan. Menurut sebuah studi dari Wheeling Jesuit University West Virginia, menghirup aroma melati dalam semalam dapat menurunkan kecemasan, bahkan menunjukkan hasil tes kognitif yang lebih tinggi pada hari berikutnya.

Anda bisa melakukan perawatan dengan penyiraman dan sinar matahasi. Melati merupakan tanaman outdoor, tetapi bisa tetap hidup di dalam ruangan selama beberapa minggu saja. Jadi, jika ingin mengaplikasikannya, anda bisa menanamnya tepat di luar jendela agar dapat menyapu aroma melalui jendela. 

2. Lavender

tanaman hias indoor

Seperti bunga melati, lavender juga tanaman hias yang dapat membantu anda tidur. Dikenal masyarakat umum sebagai pengusir nyamuk, aroma aromaterapi tanaman berbunga ungu muda ini akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis untuk mengurangi tekanan darah dan detak jantung, sehingga menciptakan efek menenangkan tubuh. 

Sama seperti melati, lavender juga membutuhkan sinar matahari, tanah kering dan penyiraman seperlunya. Menempatkan lavender di sebelah tempat tidur membuat anda bisa menghirup aroma yang menangkan untuk meningkatkan tidur malam yang nyenyak. 

3. Rosemary

tanaman hias indoor

Rosemary merupakan salah satu tumbuhan penghasil rempah-rempah dan biasa dipakai untuk bahan makanan, teh dan aromaterapi. Untuk tanaman hias indoor, rosemary bertindak sebagai stimulan kognitif alami yang akan meningkatkan fokus, ketangkasan kognitif dan memobilisasi sumber daya energi. 

Rosemary memiliki aroma kuat yang dikenal bermanfaat untuk mengurangi stress dan cemas. Sehingga, menaruhnya di kamar tidur akan membuat tidur anda lebih damai dan memuaskan. 

Seperti lavender, tanaman rosemary adalah tanaman outdoor yang bisa bertahan di dalam ruangan untuk waktu singkat. Rosemary membutuhkan cahaya matahari langsung setidaknya enam jam. Sehingga anda bisa meletakkannya di dekat jendela atau meja di samping tempat tidur. 

4. Peace Lily

tanaman hias indoor

Peace Lily tidak hanya indah, tetapi tanaman hias ini mampu membersihkan rumah dari sebagian besar racun berbahaya seperti benzena, trichlorethylene dan formaldehyde, serta mengurangi jumlah mikroba di udara yang akhirnya dapat menghilangkan gejala alergi. Tanaman ini juga dapat meningkatkan kelembaban udara di ruangan sebesar lima persen. 

Peace Lily menyukai cahaya rendah dan membutuhkan air setidaknya seminggu sekali. Namun, anda tetap harus memeriksa pot tiga hari sekali untuk menambahkan sedikit air jika tanaman tampak layu. Tanaman ini mudah dirawat, tetapi beracun bagi binatang peliharaan dan manusia, jadi jangan memakannya. Sebaiknya diletakkan di rak yang lebih tinggi jika anda memiliki binatang peliharaan. 

5. Anthurium

tanaman hias indoor

Antthurium merupakan tanaman hias cantik yang termasuk salah satu pembersih udara terbaik yang bisa anda aplikasikan di dalam hunian. Anthurium menghilangkan racun rumah tangga yang paling umum, seperti amonia, xylene, formaldehyde, penyebab reaksi alergi dan masalah jantung. 

Tanaman ini mudah dirawat, tetapi siramlah tanaman ini hanya ketika tanahnya kering dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Tanaman hias ini muncul dalam segala macam warna. Jadi anda bisa memilih warna yang sesuai dengan desain interior kamar tidur anda. 

6. English Ivy

tanaman hias indoor

Tanaman ini sangat populer untuk menghias interior rumah, karena selain cantik juga memiliki manfaat bagi anda. Jika anda menderita saluran pernafasan sensitif, English Ivy mungkin adalah solusi yang tepat untuk membantu tidur anda, karena tanaman hias ini dapat mengurangi jamur di udara hingga 94% dalam beberapa jam.

Ketika menaruhnya di kamar tidur, jaga agar tanaman tetap lembab dan dekatkan dengan jendela, tetapi jangan di bawah sinar matahari langsung. Anda juga perlu mencuci daunnya secara teratur untuk menghilangkan demi dan hama. Anda bisa menaruh tanaman hias ini di meja samping tempat tidur atau rak atas tempat tidur sebagai dekorasi dan pembantu tidur nyenyak anda

7. Valerian

tanaman hias indoor

Selama ini akar valerian dikenal untuk mengobati insomnia dan sudah banyak digunakan banyak orang. Menghirup aroma manis bunga valerian juga dapat membantu anda tidur lebih cepat dan tetap tidur lebih lama. Dengan fungsi untuk memperbaiki kualitas tidur, valerian tentunya mampu mengurangi stress sehari-hari. 

Selain aroma dari bunganya, anda bisa mengatasi insomnia dengan mengkonsumsi akar valerian sebagai teh. Bahkan, akar tanaman ini mampu mengurangi rasa kantuk di pagu hari. Jika ingin menyimpannya di kamar, pastikan tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari setidaknya enam jam dalam sehari. 

8. Gerbera Daisy

tanaman hias indoor

Gerbera Daisy merupakan tanaman hias cantik yang sering dijadikan dekorasi alami untuk acara-acara penting. Tanaman ini membawa warna ceria di siang hari, sedangkan pada malam hari memancarkan oksigen, menyerap racun dan karbon dioksida di udara. Bunga hias ini sudah lama direkomendasikan untuk penderita insomnia dan alergi. 

Anda bisa menaruh bunga hias ini di samping tempat tidur atau di dekat jendela. Selain memiliki simbol kecantikan, bunga ini juga memiliki makna sebagai penghibur, dengan kata lain bisa memperbaiki moodDibanding tanaman hias lainnya di atas, gerbera daisy memiliki perawatan yang lebih banyak. 

9. Bunga Kacapiring (Gardenia)

tanaman hias indoor

Tanaman ini memiliki bunga wangi dan daun cemara yang menyegarkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gardenia efektif membantu tidur serta membuat anda tidur nyenyak dan rileks. Perawatan bunga ini terbilang sulit dan membutuhkan banyak perawatan. Gardenia perlu dijauhkan dari sinar matahari, tetapi taruhlah di ruangan yang terang benderang.

10. Geranium

tanaman hias indoor
Geranium adalah tanaman aromatik yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari. Beberapa jenis geranium memiliki memiliki aroma yang mirip dengan jeruk, mawar kayu manis, pala dan sebagainya, sebagian lagi memiliki aroma yang kurang sedap. 

Aroma bunga ini juga berkhasiat untuk mengusir nyamuk, sehingga tidur anda akan semakin nyaman. Anda bisa meletakkan bunga geranium di sudut ruangan, dekat jendela, dekat pintu masuk atau di sisi tempat tidur. 

Tips yang Perlu Dipertimbangkan :

  • Jika memiliki hewan peliharaan atau anak-anak, pastikan tanaman tidak beracun, atau anda bisa menempatkan tanaman yang beracun di tempat yang lebih tinggi. 
  • Bersihkan daun secara berkala untuk memastikan tidak terlalu banyak debu yang menempel pada tanaman. 
  • Pilih beberapa tanaman yang memiliki aroma menyenangkan yang dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan dan membersihkan udara secara bersamaan. 
  • Rawat tanaman hias dengan baik dan benar, karena perawatan jenis  tanaman pasti  berbeda. 
Itu adalah 10 bunga hias terbaik yang bisa anda aplikasikan di dalam kamar tidur anda. Semoga artikel tanaman hias untuk kamar tidur bermanfaat dan dapat membantu anda tidur nyenyak!.