12 Ide Desain Taman Belakang Sempit, Jadikan Lebih Berkesan

Kini tidak banyak rumah yang memiliki halaman belakang, khususnya pada rumah minimalis maupun rumah mungil. Jika memang ingin memiliki taman, biasanya juga memanfaatkan area indoor

Adanya halaman belakang bisa menjadi angin segar bagi anda yang sedang melakukan aktivitas di rumah. Halaman belakang bisa dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, mencuci, bersantai atau sekedar cuci mata. Disamping itu, anda juga bisa mendesain halaman belakang menjadi area yang nyaman, fungsional dan mengesankan.

desain taman belakang sempit
Halaman belakang dengan ukuran mungil biasanya tidak terlalu dihiraukan dan cenderung dimanfaatkan apa adanya. Jangan jadikan halaman belakang hanya sekedar lahan kosong tanpa fungsi. Anda bisa melakukan banyak dekorasi taman menarik meskipun di area sempit. 

Dengan adanya halaman yang nyaman, anda bisa berkumpul keluarga dengan lebih leluasa, menyenangkan dan tentunya segar. Berikut beberapa ide desain halaman yang bisa dijadikan inspirasi untuk mengubah halaman belakang sempit anda menjadi lebih mengesankan. 

Ide Desain Taman Belakang Sempit

1. Tanam pohon ramping.

desain taman belakang sempit

Halaman belakang tidak lepas dari nuansa hijau, entah halaman itu luas atau sempit. Memiliki taman belakang yang sempit, anda harus menyesuaikan ukuran dan jenis tanaman untuk memberikan naungan serta udara segar. 

Anda bisa mengubah halaman belakang yang gersang menjadi area hijau ala hutan mini dengan menanam tanaman hijau yang subur. Selain itu anda bisa memilih satu area untuk tanaman-tanaman hijau anda. 

Tips :
  • Ingat bentuk taman belakang anda saat memilih tanaman, karena berbagai jenis tanaman memiliki tinggi yang berbeda. Anda harus menyesuaikan jenis dan bentuk tanaman untuk mendekorasi area hijau. 
  • Pilih pohon yang tumbuh ke atas untuk sisi taman, seperti magnolia, ceri, cemara lilin, bambu hias dan sebagainya. Tanaman seperti itu akan memberi nuansa segar tanpa mengambil banyak ruangan. Jadi, tidak perlu menanam pohon yang tumbuh melebar yang nantinya akan memenuhi taman sempit. 
  • Letakkan tanaman paling tinggi paling ujung, berurutan hingga tanaman hias paling rendah di bagian paling depan. Jangan lupa tambahkan tanaman bunga agar taman sempit semakin berwarna. 

2. Tambahkan area bersantai.

desain taman belakang sempit

Taman belakang merupakan area santai paling tepat di rumah dan biasanya juga tempat berkumpul dengan keluarga maupun kerabat. Untuk itulah anda perlu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dengan menempatkan fitur-fitur secara strategis di salah satu sudut halaman dan membiarkan area lainnya tetap terbuka. 

Anda tidak pernah salah memberikan area santai terbuka di taman belakang. Halaman belakang modern ini secara tidak langsung membagi area menjadi dua ruang yang berbeda, yaitu area santai terbuka dan area hijau yang luas.

Tips : 
  • Ubah ruang sudut taman belakang menjadi pusat hiburan lengkap dengan meja, kursi, perapian, pemanggang dan sebagainya. Atur semuanya di atas teras paving kasar. 
  • Anda bias menggunakan kursi kayu maupun kursi panjang dengan bantalan sofa agar tampak lebih elegan. 
  • Jangan lupakan tanaman hias kecil di dekat area agar tetap tercipta nuansa segar dan nyaman. 

3. Hias pagar dengan taman samping .

desain taman belakang sempit

Area sempit memang tidak pernah lepas dari dekorasi vertikal. Jangan biarkan kurangnya area di taman sempit menghalangi anda untuk membuat taman bunga. Selain menghias sisi pagar dengan tanaman pohon yang tumbuh ke atas, anda bisa mendekorasi area pagar dengan taman vertikal.

Daripada menanam di taman, anda bisa menghemat ruang dengan menciptakan dinding hidup. Bagi anda pecinta tanaman bunga hias, ini bisa menjadi ide yang memuaskan. 

Tips :
  • Tanam bunga pada kotak kayu yang ditempelkan di dinding. Selain kotak kayu, anda bisa berkreasi dengan desain pot tanaman hias unik lainnya. 
  • Pastikan menanam bunga hias yang tidak tumbuh tinggi.
  • Atur pot vertikal dengan rapi, jangan semrawut agar keindahan taman belakang tetap terjaga. 
  • Tak hanya menggunakan pot, anda bisa mengaplikasikan tanaman merambat pada area pagar. 

4. Berikan warna-warna terang.

desain taman belakang sempit

Warna terang dapat memberi ilusi ruang, khususnya pada ruang sempit. Anda harus menggunakan banyak warna terang untuk menciptakan taman belakang sempit yang sejuk dan lapang. 

Tips :
  • Berikan warna putih pada dinding dan warna kalem pada perabotan.
  • Agar terlihat lapang, aplikasikan tanaman rindang yang terang.
  • Anda bisa menambahkan cermin hias di dinding agar taman terasa lapang. 

5. Tambahkan kolam untuk menyegarkan suasana.

desain taman belakang sempit

Fitur air yang unik dan mencolok akan menambahkan titik fokus yang kuat ke halaman belakang, serta mengurangi penekanan ukuran halaman anda. Kolam bisa berarti kolam air mancur, kolam ikan maupun plunge pool. Adanya kolam menjadikan taman sempit anda semakin segar, nyaman dan tentunya tidak membosankan. 

Tips :
  • Anda bisa membuat kolam air mancur pada wadah, atau taman bertema spa dengan kolam kecil layaknya sungai di sekeliling taman dan air mancur di beberapa sisinya. Pilih sesuai ukuran taman belakang anda. 
  • Tambahkan batu alam di dasar kolam untuk menciptakan kesan natural. 
  • Jika cukup untuk membuat plunge pool, jangan lupa untuk melengkapinya dengan area bersantai. Bersantai sambil menikmati barbeque setelah berendam di malam hari tentu sangat menarik bukan!. Baca : 65 Inspirasi Kolam Renang Mini, Cocok untuk Relaksasi.
  • Anda bisa menambahkan lampu hias di area air mancur agar lebih indah dan elegan. 

6. Dekorasi taman, bisa tambahkan paving.

desain taman belakang sempit

Meski jalan setapak tidak wajib dan jarang digunakaan pada desain taman sempit, tidak ada salahnya menambahkan jalan setapak ala taman mini. Hal ini akan membuat taman sempit anda lebih lucu dan unik. Jalan setapak juga bermanfaat jika anda ingin menghindari rumput-rumput segar diinjak begitu saja. 

Tips :
  • Jika membuat jalan setapak, pastikan ada area bersantai sebagai tujuan. 
  • Anda bisa menggunakan paving biasa dengan aneka bentuk, maupun jalur mozaik yang disusun dengan batuan alam. 
  • Gunakan kreatifitas anda jika ingin mengaplikasikan bentuk mozaik yang terperinci.

7. Hias dengan paving agar rapi dan indah.

desain taman belakang sempit

Berikan karakter dan warna pada halaman anda dengan paving maupun batu bata. Anda bisa memasang paving saja, atau memadukan paving dan rumput agar kesan alami tetap terjaga. Aplikasikan paving jika taman belakang anda ada area bersantai. Baca : 68 Desain Paving Block Ideal Untuk Halaman Rumah.

Tips : 
  • Anda bisa  mempaving seluruh area taman, tetapi jangan lupa memberikan celah agar saat hujan air tidak menggenang. Aturlah paving sesuai selera. Anda bisa menatanya simetris dengan pembatas kerikil atau rumput. 
  • Anda bisa juga menggunakan batu bata. Merah hangat yang terlihat pada lantai sangat kontras dengan tanaman hijau yang semarak, sehingga akan menciptakan ala hutan mini yang subur. 
  • Meski dipaving, jangan lupa untuk tetap memberi tanaman hijau di dalam pot. Atau anda bisa menyisakan area kecil untuk rumput dan tanaman tanah lainnya. 

8. Pastikan selalu bersih dan rapi.

desain taman belakang sempit

Dekorasi yang indah akan sia-sia jika kebersihan taman tidak terjaga. Anda harus memastikan taman belakang tetap bersih dan rapi. Ciptakan estetika minimalis dengan taman sederhana, bangku ramping dan area yang selalu bersih. 

Tips :
  • Rutinlah membersihkan area taman belakang, khususnya rumput-rumput liar dan daun kering. 
  • Atur tanaman dengan rapi untuk memudahkan aktivitas, khususnya jika ada area bersantai di taman belakang. 

9. Pasang lampu untuk suasana elegan.

desain taman belakang sempit

Memasang lampu pada taman belakang biasanya tidak terlalu penting, karena lampu di teras belakang sudah cukup untuk menyinari seluruh area taman sempit. Beda cerita kalau anda memiliki area santai yang sering digunakan untuk bercengkerama malam, maka mengaplikasikan lampu hias bisa jadi ide yang cemerlang,

Anda bisa memasang lampu pada air mancur, area kolam dan beberapa di sudut taman. Tak hanya akan membuat taman belakang semakin romantis di malam hari, adanya lampu dengan desain dan dekorasi yang tepat bisa menjadikan halaman anda tampak istimewa. 

Tips :
  • Anda bisa memilih banyak jenis lampu mulai lampu gantung hingga lampu pilar dengan banyak model bentuk yang bisa dipilih sesuai selera. 
  • Gunakan lampu LED agar hemat biaya. Lebih bagus jika dilengkapi panel surya sebagai sumber tenaga. 
  • Pastikan lampu yang akan dipakai dapat bertahan dalam segala cuaca. Apalagi lampu ada di area luar yang terekspose cuaca panas dan dingin. 
  • Pilih warna natural untuk menampilkan suasana taman lebih alami. 

10. Manfaatkan palet untuk furniture.

desain taman belakang sempit

Memiliki taman yang unik, sederhana dan natural menjadi impian banyak orang. Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan kayu palet untuk furniture. Mendesain halaman belakang yang mewah tidak perlu mahal. Palet daur ulang dapat membuat teras menawan ala tanah pedesaan. 

Tips :
  • Anda bisa memanfaatkan palet untuk meja, kursi, rak tanaman, pembatas area dan sebagainya. Baca : 50 Desain Inovatif Palet Kayu untuk Furniture.
  • Untuk kursi, tambahkan dudukan sofa dan bantal agar terkesan santai dan nyaman. Membuat dudukan dari palet lebih cocok untuk area santai di area sudut. 
  • Tidak perlu mengecat ulang palet. Biarkan dengan warna natural. Jika ingin mengecat sekaligus membuatnya awet, cukup dipernis saja. 

11. Padukan rumput dan kayu untuk desain modern.

desain taman belakang sempit

Taman sempit di rumah bisa tampak elegan dengan menambahkan elemen kayu untuk deck atau area lantai. Elemen kayu tentu akan membuat hunian lebih berkelas, tetapi jangan lupa untuk menambahkan sisi hijau halaman belakang anda.

Dari sekian banyak produk lantai kayu, lantai kayu ulin asalah salah satu produk yang banyak digemari. Kayu ulin memiliki banyak kelebihan, yaitu tahan terhadap perubahan cuaca, tahan terhadap serangan rayap dan tahan air. Bahkan jenis kayu ini dikategorikan sebagai kayu keras kelas I oleh Departemen Kehutanan. 

Tips :
  • Anda bisa memilih decking menggunakan kayu ulin, kayu bengkirai, kayu merbau, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bisa juga menggunakan kayu wpc yang terbuat dari bahan dasar serbuk kayu jati dan plastik hdp. Kayu ini bisa untuk pemasangan indoor maupun outdoor. 
  • Sisakan area hijau agar keasrian taman tetap terjaga. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan beberapa tanaman hias. 
  • Bersihkan area kayu dengan rutin agar tetap awet. 

12. Tambahkan perabot anyaman untuk nuansa natural.

desain taman belakang sempit

Jika sebelumnya membahas tentang palet daur ulang, anda juga bisa menggunakan rotan untuk menciptakna nuansa natural. Rotan tidak hanya dianyam untuk meja dan kursi, tetapi anda bisa membawa membawa furniture rotan lain yang menyenangkan untuk melengkapi halaman belakang anda. 


Tips :
  • Selain meja dan kursi, anda bisa mengaplikasikan produk rotan lain seperti ayunan atau area santai agar taman tidak membosankan. Baca : 55 Model Kursi Rotan Modern, Ciptakan Kesan Natural.
  • Anda bisa menambahkan kesan modern dengan menambahkannya bantalan agar lebih nyaman saat bersantai. 
  • Dekorasilah taman seindah mungkin agar adanya area santai tidak membosankan.
  • Rawat kursi rotan dan selalu lindungi dari hujan dan panas agar tetap awet. Oleh karena itu sebaiknya letakkan pada area yang teduh. Anda bisa membuat kanopi sederhana diatasnya. 

Itu adalah beberapa ide desain taman sempit yang bisa menjadi inspirasi untuk dicoba di rumah. Memang ada beberapa hal yang mungin terlewat seperti gazebo. Dalam hal ini gazebo adalah area santai yang bisa ditempatkan pada halamna belakang. Namun, jika memiliki taman sempit, bangunan gazebo yang cenderung 'penuh' akan membuat taman semakin sempit. 

Jika ingin mengaplikasikan gazebo, sebaiknya pilih gazebo minimalis yang dibuat dari besi galvalum tanpa pembatas (hanya atap) agar tetap lapang di lihat. Hal ini sama halnya dengan memasang kanopi minimalis, dimana anda hanya memanfaatkan bagian atapnya saja. Semoga artikel Ide Desain Taman Sempit bermanfaat!.