Menggabungkan Fungsi Ruang, Buat Rumah Mungil Tampak Luas

Menghuni rumah mungil berarti menghuni rumah dengan keterbatasan dimensi ruang. Namun jangan berkecil hati, memiliki rumah dengan luas yang terbatas bukan berarti tidak nyaman. 

Nyaman atau tidaknya sebuah hunian tergantung pada penataan interior yang efektif dan efisien sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan penghuni. Salah satu cara mengatasi ruang yang terbatas adalah dengan menggabungkan fungsi ruang. 
rumah apartemen
Menghuni rumah minimalis tidak lepas dari penggabungan fungsi ruang, tentunya agar semua space ruang bermanfaat. Selain menggunakan space untuk keperluan lain - seperti ruang kerja minimalis, anda bisa menggabungkan fungsi ruang agar hunian mungil anda tampak lebih lapang.

Berikut beberapa contoh penggabungan fungsi ruang :

1. Ruang Makan dan Dapur

Ruang makan dan dapur dapat digabungkan karena aktivitas dan fungsinya saling berkaitan dan berurutan. Misalnya, memasak kemudian dilanjutkan dengan makan. Penggabungan ruang pada rumah mungil berpengaruh terhadap efektivitas ruang. 

Pada rumah minimalis, menggabungkan fungsi ruang merupakan salah satu solusi untuk menyiasati keterbatasan luas ruang. Anda hanya perlu strategi dekorasi yang baik agar desain interior dapur dan ruang makan serasi dan nyaman. Baca : 80 Desain Dapur dan Ruang Makan Sederhana yang Menyatu. 

Desain Ruang Makan dan Dapur Menyatu :

desain dapur dan ruang makan

desain dapur dan ruang makan

desain dapur dan ruang makan

desain dapur dan ruang makan

desain dapur dan ruang makan

Tips Desain Ruang Makan dan Dapur Menyatu :

  • Seimbangkan warna dapur dan ruang makan untuk memberi kesan menyatu satu sama lain. 
  • Pilih dekorasi dan desain interior yang serupa
  • Agar terkesan terpisah tanpa sekat, bisa menggunakan warna keramik lantai berbeda untuk area makan dan area dapur. Anda juga bisa membuat mini bar untuk membuat batasan. Tampilan mini bar akan membuat ruangan menjadi simple dan elegan. 
  • Anda bisa menaruh island table, yang selain berfungsi untuk memasak juga bisa berfungsi untuk meja makan. 
  • Gunakan cermin memanjang atau ke samping untuk memberi kesan lapang dan luas. 


2. Ruang Makan dan Ruang Keluarga

Penggabungan ruang keluarga dan ruang makan terlihat luas, karena dinding masif tidak ada di antara kedua ruang tersebut. Ruang makan dan ruang keluarga adalah dua ruang dimana anggota keluarga biasa berkumpul. Sehingga model tata ruang yang menggabungkan dua ruang tersebut semakin sering diterapkan pada hunian mungil atau apartemen studio. Baca : 70 Desain Ruang Keluarga dan Ruang Makan Menyatu.

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga Menyatu :

desain ruang makan dan ruang keluarga

desain ruang makan dan ruang keluarga

desain ruang makan dan ruang keluarga

desain ruang makan dan ruang keluarga

desain ruang makan dan ruang keluarga

Tips Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga :

  • Tempatkan meja makan di dekat jendela untuk menciptakan kesan ruang lebih terang dan lapang. 
  • Pisahkan kedua fungsi ruang dengan nuansa yang berbeda. Misalnya, area ruang makan ditandai dengan karpet berbahan serat alami, begitupula furniturenya. Sedangkan ruang keluarga didominasi nuansa modern mulai dari nuansa warna putih, sofa besar, karpet tebal dan hiasan dinding. 
  • Tambahkan tanaman hias di samping ruang makan untuk memperkuat nuansa alami. 
  • Anda bisa menerapkan tema monokrom untuk membuat ruangan tampak cantik. Pilih furniture warna gelap yang kontras dengan lantai, dinding, maupun langit-langit yang berwarna terang. 
  • Pilih furniture yang mengedepankan fungsi. Anda juga bisa menggunakan furniture sebagai pembatas ruangan, seperti lemari pendek yang tidak membatasi pandangan mata. 
  • Anda bisa menggunakan material furniture dari kayu agar tidak terkesan dingin dan beku.
  • Pilih model lampu yang berbeda. Model lampu dengan warna cahaya yang berbeda juga bisa digunakan untuk membedakan suatu area.

3. Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur


Penggabungan ruang keluarga (berfungsi juga sebagai ruang tamu), ruang makan dan dapur bertujuan agar ruang pada rumah mungil dapat optimal dan tidak terlihat sempit. Hal yang penting adalah anda harus berfikir kreatif agar ruang keluarga dan dapur yang disatukan tidak terlihat sesak. 

Desain Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur :

desain ruang makan, ruang keluarga dan dapur

desain ruang makan, ruang keluarga dan dapur

desain ruang makan, ruang keluarga dan dapur

desain ruang makan, ruang keluarga dan dapur

desain ruang makan, ruang keluarga dan dapur

Tips Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur :

  • Anda bisa meniru desain dapur dengan meja makan ala bar atau cafe. Meja makan bar yang menyatu dengan ruang keluarga akan lebih memudahkan untuk berinteraksi dan beraktivitas. 
  • Berikan warna cerah pada dinding dan furniture agar ruangan terlihat lapang dan tampak minimalis. Jika terlihat monoton, kreasikan sebagai bentuk aksen. 
  • Banyaknya ruang yang digabungkan, sebaiknya tidak memakai sekat, pemisah dalam bentuk keramik, karpet atau lampu. Tetapi, khusus untuk ruang keluarga, anda bisa menambahkan karpet agar terkesan nyaman dan hangat. 

4. Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur

Terlihat ribet, penggabungan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur sebenarnya tidaklah sulit. Penggabungan fungsi ruang yang di dalamnya terdapat dapur sebagai area servis perlu disiasati agar tidak terlihat langsung dari ruang tamu. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan dinding masif diantara kedua ruang tersebut. 

Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur : 


desain rumah apartemen

desain rumah apartemen

desain rumah apartemen

Tips Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur : 

  • Berikan sekat hanya antara ruang tamu dan dapur. Anda bisa menyiasatinya dengan sekat kaca atau furniture pendek, seperti meja atau kursi sebagai pembatas ruangan yang juga berfungsi sebagai meja makan. Dengan begitu, mesti terpisah, ruang tamu dan dapur seolah tetap menyatu.  
  • Untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur, ikuti tips seperti poin 3 diatas. 
  • Anda bisa menambahkan karpet pada Ruang Keluarga dan Ruang Tamu untuk kesan hangat dan nyaman. 

5. Garasi, Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur


Penggabungan garasi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan sangat jarang dilakukan. Namun, hal tersebut bisa dilakukan agar ruang dapat saling terbuka satu sama lain. Menggabungkan seluruh fungsi ruang memberi kesan luas karena hampir tidak terdapat dinding masif, kecuali kamar tidur dan kamar mandi. 

Desain Garasi, Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur : 


desain rumah apartemen

Tips Garasi, Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur : 

  • Anda bisa membuat garasi di area ruang tamu dan dapur yang biasanya dekat dengan area tebuka. Pastikan untuk memberikan partisi. 
  • Pastikan untuk memberi partisi antara ruang tamu dan garasi.
  • Dengan ruang terbuka, semuanya pasti berdebu. Rajinlah membersihkan area rumah. 

6. Rumah Tipe Studio

Pada rumah tipe studio, dinding masif sebagai pembatas hanya digunakan pada ruang tidur dan kamar mandi, karena kedua ruang tersebut membutuhkan privasi. Selain ruang tersebut, ruang keluarga (berfungsi sebagai ruang tamu), ruang makan dan dapur digabungkan menjadi satu ruang tanpa pembatas yang masif. Baca : 30+ Desain Interior Rumah Mungil Modern Paling Inspiratif. 

Desain Rumah Tipe Studio :

desain rumah studio

desain rumah studio

desain rumah studio

desain rumah studio

desain rumah studio

Tips Rumah Tipe Studio :

  • Pilih warna terang dan cerah untuk menciptakan kesan luas pada ruangan. 
  • Hindari pemakaian tirai yang terlalu tebal pada jendela agar cahaya yang masuk bisa lebih banyak. 
  • Gunakan furniture multifungsi. Memasukkan terlalu banyak perabotan dalam rumah studio akan membuat ruangan semakin sumpek. Pilh furniture minimalis sesuai dengan ukuran ruangan. 
  • Manfaatkan setiap ruang pada hunian, termasuk dinding. 
  • Karena rumah studio hanya terdiri dari satu ruangan yang menggabungkan banyak ruang, buatlah alur yang jelas. Misalnya, menaruh karpet pada ruang keluarga, membedakan area dengan keramik, dan sebagainya. 

Itu adalah beberapa ide menggabungkan fungsi ruang pada rumah minimalis maupun rumah mungil. Untuk meningkatkan kenyamanan pada hunian, pastikan rumah anda selalu rapi, bersih dan teratur. Semoga artikel Ide Menggabungkan Fungsi Ruang bermanfaat!.

Reff : Amin, Choirul & Setiawan,Nuris. 2008. Merancang Rumah Mungil. Depok : Penebar Swadaya.