Adaptasi Pendopo dalam Hunian, Tetap Pertahankan Nuansa Klasik

Pendopo (pendapa) adalah bagian dari rumah tradisional Jawa yang memiliki arti penting. Selain letaknya yang ada di bagian paling depan rumah, pendopo memiliki fungsi sebagai tempat sosialisasi dengan keluarga dan masyarakat sekitar. 

Kini sudah jarang ada rumah yang memiliki pendopo. Pendopo malah kerap diadaptasi di dalam bangunan hotel, villa, restoran atau area komersil lainnya. Di era globalisasi ini telah terjadi pergeseran makna, fungsi maupun bentuk dari sebuah pendopo, meski kehadirannya masih tetap diperlukan. 

desain pendopo
Pendopo adalah bangunan luas, terbuka, tanpa sekat dan biasanya terletak di pelataran untuk menerima tamu, pertemuan atau keperluan lain. Pendopo umumnya dibangun lebih tinggi dari halaman, untuk memudahkan penghuni menerima tamu dan bercakap-cakap sesuai tradisi masyarakat Jawa yang mencerminkan suasana akrab dan rukun.

Mungkin pendopo hanya bisa dilihat di keraton-keraton saja, tetapi beberapa hunian juga tertarik mengadaptasikan pendopo di dalam hunian untuk mengembalikan budaya bertamu. Pada rumah minimalis gaya klasik, biasanya ada pendopo ada pada teras rumah. Di beberapa daerah perkotaan yang padat, di sekitar pendopo biasanya didirikan dinding batu. 

Atap Pendopo

desain atap pendopo

Pendopo menggunakan atap joglo yang umumnya terbuat dari kayu jati. Atap joglo mengambil filosofis bentuk sebuah gunung yang diberi nama atap Tajug, kemudian berkembang menjadi atap joglo. Atap jolgo memiliki ciri khas, yaitu atap utama lebih curam, sedangkan bubungan atap tidak sepanjang model atap limasan. 

Bagian pendopo biasanya dihiasi dengan ukiran cantik khas Jawa. Selain ukiran pada dinding, pilar dan plafon, atap luar pendopo biasanya juga dihias dengan ornamen atap, yang akan membuatnya lebih terkesan klasik, mewah dan elegan.

Desain Pendopo Gaya Modern

Berikut beberapa contoh interior pendopo gaya modern yang bisa dijadikan inspirasi anda :

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

desain pendopo

Interior Pendopo

1. Furniture 

Membawa kesan klasik dalam hunian, melengkapinya dengan furniture klasik akan menjadi sesuatu yang istimewa. Anda bisa menempatkan furniture klasik, seperti kursi sedan atau kursi jengki. Kursi ini dulunya dibuat dari busa spons yang ada pirnya, seperti kursi mobil sedan. Kursi ini kemudian dimodifikasi dengan bahan rotan. Tak hanya itu, anda bisa memilih kursi dan meja kayu lain yang sesuai dengan selera.

desain interior pendopo

2. Tegel Motif

Biasanya pendopo cenderung dengan desain lantai kayu, tetapi seiring berkembangnya jaman, tegel motif menjadi pilihan lain untuk menjadikan pendopo lebih kekinian tanpa mengurangi gaya klasiknya. Anda bisa menggunakan tegel motif tradisional untuk interior pendopo anda. 

desain interior pendopo

Tips Desain Pendopo :


  1. Anda harus tahu luas lahan yang ingin digunakan sebagai pendopo. Biasanya, pendopo dijual dalam bentuk sudah jadi, sehingga ukurannya sudah paten. Untuk pengaplikasiannya, usahakan tidak terlalu mepet dengan bangunan utama agar rumah tidak tampak penuh. 
  2. Ada banyak motif ukiran pendopo yang bisa dipilih untuk hunian, seperti ukiran khas Madura, Mojokerto, Bali, Jawa Tengah, dll. Dengan mengerti gaya tiap ukiran, anda bisa menerapkan gaya yang senada pada bangunan utama, teras dan elemen rumah lainnya. 
  3. Untuk pendopo dengan motif yang kurang cantik, anda bisa menyiasatinya dengan menerapkan finishing warna gelap. Begitu pula sebaliknya, jika motif cantik, anda bisa menerapkan finishing warna terang. 
  4. Tidak perlu memberi cat tambahan pada pendopo. Pendopo akan tetap cantik dan elegan dengan warna alaminya. 
  5. Gunakan lampu gantung klasik di tengah pendopo untuk nuansa interior yang lebih berkelas. Baca : 45 Model Lampu Gantung Elegan untuk Rumah Mewah
  6. Anda bisa menambahkan pajangan-pajangan di area pilar, seperti piring tradisional dan sebagainya. Hindari pajangan-pajangan modern, karena dengan adanya ukiran pada area pendopo akan membuat interior tampak penuh dan tidak serasi. 
  7. Untuk menciptakan suasana modern, anda bisa menambahkan sofa pada kursi. Hal tidak akan menghilangkan nuansa klasik dalam interior. 
Semoga artikel Desain Pendopo bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain, anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi mencari desain yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !