Ide Dekorasi Menyambut Idul Fitri, Serba Sederhana tapi Meriah

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, menyambut Idul Fitri kebanyakan dilakukan dengan membeli baju baru, menyiapkan cemilan untuk kerabat dan mendekorasi hunian agar semakin meriah. 

Berbicara tentang dekorasi, ada banyak dekorasi bulan Ramadhan yang bisa dicoba di rumah. Tidak perlu menunggu hingga bulan Ramadhan tiba, anda juga bisa membuat beberapa kerajinan tangan bersama anak sebagai aktivitas seru di bulan puasa. 


hiasan bulan ramadhan
Ada banyak model dekorasi bulan Ramadhan yang menarik untuk dicoba. Tidak hanya berupa hiasan dinding dan pernak-pernik, anda juga bisa mendesain area interior agar suasana ramadhan di rumah semakin meriah. Hiasan di bulan Ramadhan cenderung ke motif bulan dan bintang, tetapi masih ada ide dekorasi yang yang pastinya akan melengkapi hunian anda. Check it out!


Inspirasi Hiasan Ramadhan

1. Lampu Hias

Jika terbiasa dengan lampu yang biasa-biasa saja, anda bisa menggantinya sementara dengan lampu gantung yang memiliki detail-detail rumit ala Timur Tengah. Atau, anda bisa membuat lampu gantung berbentuk bulan dan bintang. 

Lampu hias disini bisa dijadikan penerangan maupun hiasan, tergantung selera anda. Anda bisa mengaplikasikannya di area ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan, dimana menjadi tempat berkumpulnya keluarga atau'pun kerabat. 

Contoh Dekorasi Lampu Hias :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan


Tips Dekorasi Lampu Hias :

  • Pastikan memasang lampu hias motif ala timur tengah.
  • Jika tidak ingin mengubah lampu gantung di rumah, anda bisa meletakkan lampu hias di atas meja kecil di area ruangan, dan tambahkan pernak-pernik lain di sekelilingnya. 
  • Lampu hias juga bisa diaplikasikan pada pilar rumah sebagai lampu dinding untuk menyambut tamu yang datang. 
  • Jika ingin mengaplikasikan pada kamar tidur, sebaiknya menggunakan lampu meja hias. 
  • Selain lampu motif, menggunakan lampu meteran dengan motif bulan bintang juga cantik. Pasang di area dinding atau area teras. 

2. Lilin 

Lilin yang populer adalah lilin henna yang jarang digunakan sebagai dekorasi di bulan Ramadhan, tetapi adanya lilin ini dapat menciptakan nuansa timur tengah, sekaligus menghadirkan pernak-pernik unik dan cantik di dalam rumah. 

Anda bisa mengaplikasikan seni lukis pada lilin polos di rumah menggunakan henna dengan pola bernuansa etnis di sekeliling lilin. Setelah henna kering, nyalakan lilin untuk menemani berbuka puasa agar tercipta suasana yang menenangkan.


Contoh Dekorasi Lilin Henna :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan


Tips Dekorasi Lilin Henna :

  • Hiasan ini cocok diletakkan pada ruang makan.
  • Anda bisa menggunakan lilin berukuran besar dan menatanya di berdampingan, atau menggunakan lilin gelas dengan motif seputar ramadhan. 
  • Jika tidak digunakan, anda bisa menaruh lilin henna di ruang tamu sebagai hiasan. Pastikan menaruh hiasan lain agar semakin dekoratif. 

3. Tenda I'tikaf

Terinspirasi dari budaya masyarakat di negara padang pasir, menghadirkan suasana alam bebas dengan membuat semacam tenda kecil kerucut juga bisa dilakukan untuk menyambut bulan ramadhan. Tenda sederhana ini bisa diletakkan di pojok ruang tamu, area teras dan ruang keluarga. 


Contoh Dekorasi Tenda I'tikaf :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan


Tips Dekorasi Tenda I'tikaf :

  • Buat tenda sesederhana mungkin dengan kayu dan kain putih polos. 
  • Jika ruang tamu sempit, letakkan tenda sederhana di area teras. 
  • Jika memasangnya di dalam rumah, anda bisa melengkapinya dengan bantal dan karpet untuk tempat bermain anak. Hal ini juga lumayan menguntungkan jika anak kerabat anda merengek minta pulang.
  • Agar lebih tampak menyenangkan dan modern, anda bisa menambahkan lampu kerlap-kerlip di area tenda. 

4. Bantal Hias

Hadirkan bantal-bantal hias dengan motif khas Timur Tengah. Dengan motif yang kaya, bisa menghidupkan suasana Ramadhan bagi keluarga anda. Mendekorasi area interior memang paling mudah dilakukan, karena bantal hias masih cocok digunakan meskipun bulan ramadhan sudah lewat. 


Contoh Dekorasi Bantal Hias :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan


Tips Dekorasi Bantal Hias :

  • Gunakan sarung bantal motif timur tengah. Anda bisa memilih yang seragam maupun yang tidak seragam.
  • Agar lebih sempurna, anda bisa menambahkan karpet dengan motif selaras di ruang tamu maupun ruang keluarga. 

5. Karpet

Anda bisa memilih dua opsi saat menerima tamu, yaitu ruang tamu dengan meja-kursi ataupun ruang tamu lesehan. Hari raya Idul Fitri pasti banyak tamu yang datang, dan jika memiliki ruang tamu sempit, pasti anda agak bingung karena terbatasnya ruang. Dalam hal ini anda bisa mencoba ruang tamu lesehan untuk sementara waktu.

Selain sederhana, anda bisa menciptakan nuansa timur tengah dengan menghias ruang tamu dengan karpet motif yang dilengkapi dengan bantal hias yang sudah dijelaskan di atas. 


Contoh Dekorasi Karpet :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

Tips Dekorasi Karpet :

  • Pilih karpet yang sederhana dengan warna yang tidak terlalu banyak (2 warna) dan tidak terlalu mencolok. 
  • Untuk ruang tamu gunakan karpet yang lebih kasar, sedangkan untuk ruang keluarga gunakan karpet yang lebih lembut. 

6. Bingkisan Ramadhan

Siapa bilang bingkisan ramadhan tidak bisa dijadikan pernak pernik?. Hal itu akan menjadikan rumah anda lebih menyenangkan. Buatlah hiasan berupa bingkisan ramadhan berbentuk kado dan letakkan di dalam satu sudut ruangan. Anda bisa membuatnya sebagai motivator untuk anak-anak dalam menjalani puasa. Asalkan jika kuat berpuasa, jangan lupa menaruh hadiah di dalamnya.


Contoh Dekorasi Bingkisan Ramadhan :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

Tips Dekorasi Bingkisan Ramadhan :

  • Anda bisa membuat pernak pernik bingkisan sebagai hiasan di meja, atau membuat bingkisan asli untuk keluarga di rumah.
  • Agar tampak menarik, anda bisa menaruh cemilan di dalam bingkisan kecil untuk dibagikan ke anak-anak yang bertamu ke rumah.

7. Kerajinan Tangan

Ini adalah pernak pernik yang paling mudah karena hanya membutuhkan kreativitas. Bahan yang paling mudah adalah menggunakan kertas potong. Layaknya perayaan ulang tahun, anda bisa membuat hiasan potongan kertas gantung atau pernak-pernik lain untuk dipasang di area dinding atau di area jendela.

Contoh Dekorasi Kerajinan Tangan :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

Tips Dekorasi Kerajinan Tangan :

  • Pasang hiasan ramadhan tersebut di area yang tidak mengganggu aktivitas di rumah. 
  • Anda bisa mengaplikasikan di area teras maupun ruang tamu. 
  • Jika bahan yang digunakan tidak tahan air, sebaiknya tidak menaruhnya di luar rumah. 

8. Hiasan Dinding

Menghias dinding di saat bulan ramadhan sangat mudah dilakukan, karena banyak pernak-pernik yang bisa jadi pilihan seperti lukisan, kerajinan tangan, wallpaper dan hiasan lain. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan selera untuk menghadirkan suasana berbeda di bulan Ramadhan. 


Contoh Dekorasi Hiasan Dinding :

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

hiasan bulan ramadhan

Tips Dekorasi Hiasan Dinding :

  • Sesuaikan ukuran hiasan dengan ruangan agar tidak tampak sumpek. Jika ruangan sempit, jangan pasang banyak hiasan dinding.
  • Bulan Ramadhan hanya satu bulan, jika memasang wallpaper dan melepasnya kemudian, takutnya akan merusak atau mengotori dinding. Jadi, pilih wallpaper tema ramadhan yang netral, seperti gambar bulan -  bintang tanpa tulisan. Jika ingin menambahkan ucapan, sebaiknya menggunakan hiasan dinding dari kerajinan tangan yang tidak permanen. 

Itu adalah hiasan ramadhan yang bisa diaplikasikan di rumah. Selain itu, tentu masih banyak inspirasi lain yang bisa digunakan. Dekorasi Ramadhan cenderung dengan nuansa Timur Tengah dengan banyak warna, jadi pastikan hiasan di ruangan sesuai dengan tema Ramadhan.