16 Jenis Palem Hias untuk Mempercantik Hunian Modern

Jenis Palem Hias. Memiliki taman yang asri dan indah adalah dambaan banyak orang, dan tak sedikit pemilik rumah juga bingung untuk menentukan apa saja yang ada di dalam tamannya. 

Selain mengaplikasikan Aneka Rumput Hias yang bisa dipilih, anda tentu bingung, tanaman apa yang cocok untuk taman atau halaman anda. Dari banyaknya jenis Tanaman Hias untuk Taman, anda bisa memilih pohon palem  untuk ditanam di halaman depan rumah. 



Jenis Palem Hias

Pohon Palem sangat mudah ditemui di Indonesia, sehingga tidak sedikit menanam tanaman hias ini untuk mempercantik tampilan taman. Faktanya, ada banyak jenis pohon palem hias yang bisa dipilih, agar pas dengan desain dan tampilan rumah anda. 

Berikut jenis pohon palem hias yang bisa menjadi pilihan inspirasi untuk taman :



1. Palem Merah (Cyrtostachys lakka Becc.) 


palem merah

Palem Merah merupakan jenis palem hias yang cukup unik. Saking cantiknya, tanaman hias ini menjadi salah satu tumbuhan langka karena eksploitasi besar-besaran. Palem hias ini berasal dari Semenanjung Malaya, Thailand selatan, Kalimantan dan Sumatra. 

Sesuai namanya, palem merah memiliki batang, daun pelindung dan tangkai daunnya berwarna merah menyala. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi sekitar 16 meter dan membentuk rumpun dengan banyak batang. Buahnya bulat atau oval dan berwarna hitam dengan dasar merah tua ketika sudah matang.

Tampilan palem merah yang cantik, dengan daun dan batang yang menarik untuk dilihat, membuatnya mampu tampil menawan untuk dikoleksi di taman anda. Tanaman ini bisa tumbuh subur di dataran rendah maupun pesisir pantai. Palem merah kini mulai dibudidayakan dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Taman Minimalis anda.

2.Palem Kuning (Dypsis lutescens)

palem kuning

Selain palem merah, palem kuning juga menjadi salah satu jenis palem hias yang banyak digemari. Tanaman suku pinang-pinangan ini berasal dari Madagaskar dan keberadaannya masih mudah ditemukan. 

Palem kuning memiliki tampilan yang cantik, dengan daun menyirip berwarna hijau kekuningan, serta pelepahnya yang berwarna kuning terang. Tampilannya semakin mencolok ketika terkena sinar matahari, membuatnya sangat cocok menjadi yang terdepan ada di taman anda. 



Baca : 30+ Desain Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Palem kuning bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Palem kuning yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah palem kuning dengan  pertumbuhan tinggi sekitar 3 meter. Selain untuk taman, palem ini juga cocok untuk Taman Indoor



3. Palem Kipas (Livistona chinensis)

palem kipas

Bukan hanya pisang saja yang memiliki bentuk kipas, tetapi palem juga. Seperti palem kuning, palem kipas juga berasal dari hutan sekunder Madagaskar. Di dunia, palem ini dikenal dengan nama Palem Pelancong. 

Bentuk palem kipas terbilang unik. Layaknya pisang kipas, bentuk daunnya membentuk setengah lingkaran dan menyerupai kipas. Bentuk unik inilah yang membedakannya - serta mudah dikenali, dari jenis palem hias lain. 


Palem ini memiliki batang pendek, sehingga bisa ditanam di pekarangan atau pot. Pada habitat aslinya, palem hias ini bisa tumbuh hingga 10 meter. Palem kipas memiliki sekitar 7 jenis varietas yang bisa menjadi pilihan. Jenis palem kipas yang paling populer adalah Palem Sadeng dan Palem Waregu.


Palem kipas bisa tumbuh di daerah tropis dan sub tropis, di dataran rendah maupun dataran tinggi, sekaligus bisa tumbuh di tanah yang subur ataupun gersang. 



4. Palem Bambu (Chamaedorea Seifrizii)

palem bambu

Ingin nuansa rindang dan sejuk, palem bambu bisa menjadi pilihan menarik. Jenis palem hias ini, selain banyak ditemui di pekarangan rumah dan kawasan perkantoran, juga banyak disewakan pada acara-acara resmi untuk dekorasi tanaman indoor. Tanaman yang dikenal dengan nama Palem Parlor ini tidak hanya indah, tetapi juga kuat. 

Palem bambu bisa hidup dalam kondisi cahaya rendah, sehingga bisa juga diaplikasikan di dalam rumah. Jenis palem hias ini juga kuat tumbuh di bawah sinar matahari langsung, sehingga bagus juga untuk menghias halaman rumah anda. 



Baca : 90 Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah yang Asri dan Sejuk

Palem bambu bisa tumbuh tinggi hingga 4 meter. Tanaman palem ini bisa dipadukan dengan 
tanaman hias lainnya. Jika ditanam di halaman, tentu saja akan menciptakan kesan tropis pada hunian anda. 


5. Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis)

palem botol

Palem botol menjadi pilihan selanjutnya untuk pilihan jenis palem hias. Tanaman ini berasal dari Mauritius, tepatnya di Round Island. Seperti namanya, palem ini termasuk palem gendut dengan bentuk unik yang pasti akan mempercantik halaman anda. 

Bagian bawah palem hias ini menggelembung seperti botol dengan batang membulat, padat dan pendek. Palem ini bisa tumbuh besar di halaman atau di bonsai untuk menghias area indoor rumah anda. 



6. Palem Raja (Roystonea Regia)

palem raja

Jenis palem hias ini banyak ditemukan di Pulau Jawa dan mampu tumbuh hingga di ketinggian 1.400 mdpl. Palem ini dikenal dengan sebutan Royal Palm, karena bentuknya yang gagah menawan. Daripada di pekarangan rumah, palem raja banyak ditemui di pinggiran jalan sebagai tanaman hias

Palem ini tidak memiliki cabang dengan pertumbuhan tegak menjulang ke atas. Ujung daunnya pada batang membentuk mahkota. Tingginya yang bisa mencapai 25 - 30 meter, palem ini dikenal sebagai pohon panjatan. Sehingga, rasanya kurang pas jika diaplikasikan di dalam rumah.



Baca : Daftar Tanaman Hias Pilihan untuk Taman Depan Rumah

Anda bisa menanam palem hias ini jika memiliki pekarangan yang cukup puas. Pada beberapa waktu, pelepah batang yang gugur bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar. 



7. Palem Putri (Veitchia merrillii (Beec) H.F.Moors)

palem putri

Tanaman satu ini sekilas seperti palem raja, dengan daun lebih lebar dan warna lebih hijau. Palem putri banyak dikenal umum, karena biasanya difungsikan sebagai tanaman hias pada halaman gedung, taman kota, penyearah jalan dan pekarangan rumah.

Palem Putri bisa tumbuh pada iklim tropis maupun sub tropis, dataran rendah maupun tinggi, pegunungan maupun pantai, dan pada tanah subur maupun gersang. Dalam pertumbuhannya, tanaman dari Madagaskar ini memerlukan penyinaran matahari penuh. 



8. Palem Jenggot

palem jenggot

Palem Jenggot merupakan salah satu jenis palem hias yang lumayan menggoda. Selain namanya yang membuat banyak orang penasaran, harga yang ditawarkan palem ini relatif mahal. Hal ini karena palem jenggot tergolong palem langka yang berasal dari Kuba.

Keunikan palem hias inia dalah adanya jenggot berwarna putih keemasan dan menjulur dari pucuk hingga batang, bahkan sampai dasar media tanam, seiring umurnya. Postur yang pendek dengan keunikan yang indah membuat jenis palem hias ini banyak dicari. 


Palem jenggot membutuhkan cahaya yang cukup dan penyiraman yang baik. Sehingga, tanaman ini cocok diaplikasikan pada Taman Depan rumah atau ditanam dalam pot di Teras Rumah. 



9. Palem Phoenix (Phoenix roebelenii)

palem phoenix

Palem Phoenix memang jarang didengar, tapi bagi penggemar tanaman hias, pasti sudah tidak asing lagi. Palem yang disebut dengan miniature date palm ini berasal dari Asia timur ke selatan. Palem hias ini ada dua jenis yaitu Phoenix roebelenii dan Phoenix canariensis.

Palem Phoenix memiliki warna daun hijau keabuan dan bila berbunga akan berwarna kekuningan. Palem ini bisa mencapai tinggi maksimum sekitar 2-3 meter dengan panjang batang daun mencapai 120 cm.



Baca : 80 Desain Taman Indoor Paling Keren dan Sejuk

Tanaman palem hias ini sering ditemukan di perkantoran dan di dalam rumah. Palem phoenix tahan akan kekeringan dan serangan hama. Sehingga tidak terlalu sulit untuk merawatnya di salah satu sudut ruangan anda.



10. Palem Ekor Ikan (Caryota mitis)

palem ekor ikan

Sesuai namanya, palem hias ini memang mirip ekor ikan atau sirip ikan. Palem ekor ikan banyak tumbuh di kawasan Asia, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, palem ekor ikan banyak ditemukan di semenanjung Malaya, Sulawesi Utara dan Pulau Jawa. 

Daun siripnya berjumlah ganda dengan panjang sekitar 30-40 cm. Sisi daunnya tidak rata, tumpul dan bergerigi.  Bentuk daunnya yang unik membuat palem hias ini menjadi pilihan untuk ditanam di taman.



11. Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata)

palem ekor tupai

Berbeda dengan ekor ikan, palem ekor tupai termasuk jenis palem hias yang langka. Palem ini berasal dari Semenanjung York, Queensland dan kini populer dijadikan tanaman hias di taman. Palem yang dikenal dengan nama palem ekor rubah ini cukup populer di Indonesia.

Palem ekor tupai sering dijumpai di pinggir jalan sebagai pembatas. Daun dan pelepahnya bisa mencapai panjang 3 meter dengan anak daun mengitari tangkai, sehingga tampak seperti ekor tupai. 


Palem hias ini bisa tumbuh tinggi sampai 10 meter dan cocok untuk anda yang memiliki pekarangan luas. 



12. Palem Paris (Calamus ciliaris)

palem paris

Palem ini masuk dalam keluarga rotan-rotanan yang masih belum banyak dikenal orang. Palem ini tumbuh merambat atau merumpun dengan tinggi batang sekitar 3 meter. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan-hutan Jawa Barat dan Sumatra. 

Daunnya berbentuk sirip, melengkung dan berwarna hijau kelam. Bagian tepi daunnya halus, menambah keindahan bentuk daunnya. Tak hanya berguna untuk keindahan taman, palem ini juga berguna dalam ilmu pengobatan untuk obat cacingan. 



13. Palem Palas Payung (Licuala grandis)

palem palas payung

Jika tadi ada jenis kipas, kini ada juga jenis payung. Palem Palas Payung ini dikenal juga dengan nama palem payung dan palem kol. Palem hias ini berasal dari Papua Nugini dan New BritainTanaman hias ini tumbuh baik pada ketinggian 500 mdpl. 

Masih sesuai namanya, helai daun palem palas payung berbentuk bundar dan bergaris tengah sekitar 60 cm. Daunnya kaku dengan permukaan berombak mengikuti arah tulang daun. Palem hias ini bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 2 meter. 



Baca : 10 Trik Dekorasi Taman Cantik di Lahan Sempit

Meski berbentuk bundar dan bergerigi, palem hias ini tidak mudah sobek karena tiupan angin. Palem palas payung sudah lama populer menjadi 
tanaman hias. Palem palas payung yang ditanam dalam pot umumnya menghasilkan buah, tapi bukan untuk dimakan guys.  


14. Palem Segitiga Hijau (Neodypsis Decaryi)

palem segitiga hijau

Palem ini disebut segitiga hijau karena penampang batangnya berbentuk segitiga, berwarna hijau dengan pangkal daun yang terhimpit. Daunnya berwarna hijau kelabu menggantung. 

Jika ditanam di halaman, palem ini tidak menarik ketika berumur lebih dari 6 tahun, karena batangnya tidak berbentuk segitiga lagi. Oleh karena itu, jika ingin menanamnya, sebaiknya ditanam di pot agar tetap kecil dan berbentuk segitiga. 


15. Palem Jepang

palem jepang

Tidak seperti namanya, palem ini justru berasal dari Australia. Palem yang dikenal juga dengan nama palem ijo ini bisa tumbuh hingga 7-8 meter. Setiap pohonnya, palem jepang mampu mencapai 4-5 anakan. 

Palem Jepang tumbuh berumpun dengan helai anak daun berpasangan dan bergerigi. Tanaman ini bisa tahan bila tidak disiram berhari-hari, membuatnya cocok sebagai dekorasi taman outdoor maupun indoor.


16. Palem Washington (Washingtonia filifera)

palem washington

Palem hias ini adalah jenis palem berbatang besar yang bisa berfungsi sebagai pelindung halaman rumah, taman pabrik, taman kota dan sebagainya. Ada dua jenis Palem Washington, yaitu Palem Bismarkia dan Palem Bismarkia Silver. 

Selain batangnya yang besar, daun palem hias hampir mirip kipas, membuatnya tampak unik jika ditanam di pekarangan rumah. Menanam pohon palem  ini juga bisa menciptakan nuansa mewah pada hunian anda, terlebih jika anda menghuni rumah dua lantai. Tertarik?

Itu adalah 16 jenis palem hias yang bisa menjadi pilihan untuk menghias pekarangan maupun Taman Indoor. Tentu masih banyak jenis palem hias lain yang belum disebutkan, seperti Palem Bajul, Palem Moreli, Palem Air Mancur, Palem Kurma, Palem Kenari, Palem Sawit, Palem Komodoria, Palem Anggur dan sebagainya. 

Tentu saja palem yang disebutkan di atas adalah palem yang banyak diaplikasikan pada hunian minimalis hingga hunian mewah. Jenis palem hias tersebut juga bisa ditemukan dengan mudah. Selain biasanya ada di sekitar, palem - palem tersebut juga banyak dijual belikan. Semoga artikel Jenis Palem Hias bermanfaat!