13 Ide Jenius Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga. Tidak banyak yang tahu bahwa untuk mendapatkan ruang baru, bisa memanfaatkan ruangan lain. Meski anda mempunyai ide serupa, biasanya masih bingung tentang pemanfaatan sebuah ruang. Ingin digunakan untuk apa?, desainnya seperti apa?, dan sebagainya. Anda pasti bertanya apa yang bisa dihasilkan dari space ruang kosong tidak terpakai di rumah. Bukannya tidak berguna, adanya space di rumah bisa membawa perubahan yang cukup penting untuk desain rumah anda.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Bagi anda yang menghuni Rumah Minimalis dengan ruang-ruang sempit, anda bisa mengatur ruang sempit dengan mendesain vertikal untuk memaksimalkan ruang. Tak berbeda dengan area tangga, anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga daripada membuatnya sebagai ruang kosong yang tak berarti.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan ruang bawah tangga, tentu saja tergantung bentuk, model dan ukuran tangga tersebut. Anda bisa membuat pilihan-pilihan menarik untuk ruang bawah tangga, yang pastinya akan membuat hunian anda semakin terkesan lebih minimalis, simple dan fungsional.

Berikut beberapa ide memanfaatkan ruang bawah tangga yang bisa dicoba : 

1. Lemari Penyimpanan

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan ruang kosong sebagai lemari bawah tangga sudah tidak menjadi rahasia umum. Anda bisa membuat lemari penyimpanan sesuai kebutuhan di rumah anda. Seperti lemari pakaian, lemari mainan, lemari sepatu, lemari alat olah raga dan berbagai peralatan lainnya.

Baca : 45 Ide Kreatif Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga

Daripada peralatan berserakan di rumah, alangkah baiknya anda memanfaatkan lemari bawah tangga agar rumah anda tampak rapi dan bersih. Anda bisa membuat lemari penyimpanan buka tutup seperti lemari pada umumnya atau model rak yang dapat ditarik atau didorong, tergantung selera dan kebutuhan anda.

2. Rak Buku dan Ruang Baca

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Meski tidak banyak yang menggunakan area bawah tangga sebagai rak buku, tidak ada salahnya mengaplikasikan hal ini, terlebih jika kamu memiliki hobi membaca buku. Daripada buku-buku tersimpan dalam kardus-kardus yang rawan kutu buku, anda bisa membuat rak buku di bawah tangga.

Baca : 70 Desain Terbaik Perpustakaan Minimalis di Rumah

Bukan hanya rak buku saja, anda bisa menjadikan area tersebut sebagai tempat membaca. Tambahkan kursi santai disana dan anda memiliki perpustakaan minimalis yang siap digunakan siapa saja. Hal ini memiliki keuntungan, yaitu secara tidak langsung mendorong penghuni rumah, terutama anak-anak anda agar rajin membaca buku. 


3. Rak Pajangan Dinding

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Untuk ukuran tangga yang minimalis dan kecil, membuat rak pajangan dinding bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Pajangan dinding disini bukanlah pajangan dekorasi yang umum diaplikasikan di Rak Dinding ruang tamu atau Ruang Keluarga, tetapi anda bisa menaruh berbagai cinderamata, souvenir dan barang koleksi pribadi lainnya.

Sesuaikan jarak Rak Dinding agar peletakan barang-barang tidak terkesan berdempetan dan sumpek. Hal ini malah membuat hunian anda tampak sempit dan berantakan. Di ruangan manapun posisi tangga, memanfaatkannya sebagai rak pajangan adalah pilihan yang cocok.
Taruh beberapa benda berukuran minimalis dan hindari menaruh benda berukuran besar atau pecah belah yang rawan jatuh, apalagi jika rak tersebut mudah dijangkau anak-anak.

4. Rak TV

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Jika tangga berhadapan dengan Ruang Keluarga atau Ruang Tamu, menjadikan area bawah tangga sebagai tempat Rak TV bisa jadi solusi yang menarik. Hal ini akan menghemat banyak ruang di Rumah Minimalis  anda. Anda bisa mendesain Rak TV di dalam lemari yang dibuka ketika akan digunakan, maupun langsung meletakkan Rak TV di bawah tangga.

Rak TV biasanya dilengkapi dengan beberapa rak multifungsi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa hiasan. Memiliki area bawah tangga yang luas akan sangat menguntungkan karena anda bisa leluasa mengaplikasikannya. 

Baca : 100 Model Keren Rak TV Minimalis Fungsional

Tetapi jika memiliki ruang yang tidak terlalu besar dan ingin menaruh Rak TVdisitu, sebaiknya membuat desain meja TV yang pas untuk area bawah tangga.


5. Kamar Tidur

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Siapa bilang kamar tidur harus ada ruangan khusus?. Biasanya Rumah Minimalis memiliki kamar terbatas, seperti Rumah Minimalis Type 36 dengan 2 kamar tidur. Lalu bagaimana jika ada rekan yang ingin datang menginap dan kamar tidur anda masih kurang untuk menampungnya?. Selain buka karpet di lantai, anda bisa memanfaatkan area bawah tangga untuk kamar tidur.

Area kamar tidur di bawah tangga ini bukanlah kamar utama dan biasanya digunakan untuk tidur santai sejenak. Anda bisa membuat kamar tidur di bawah tangga hanya jika posisi tangga tidak ada di area Ruang Tamu

Baca : 55 Desain Interior Kamar Tidur Sempit

Tangga yang berada di Ruang Keluarga juga cocok dimanfaatkan sebagai tempat tidur mini, apalagi jika posisinya tepat menghadap area TV, pastinya lebih enak tidur di kamar tidur bawah tangga daripada di sofa kan?

6. Ruang Kerja Mini

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Bagi anda yang kerja di rumah ataupun membutuhkan ruang kerja yang tidak mungkin diaplikasikan di dalam kamar, bawah tangga bisa menjadi pilihan. Anda bisa mendesain ruang bawah tangga sebagai Tempat Kerja Mini maupun Ruang Belajar untuk anak-anak anda. 

Susunlah komputer, rak buku dan perlengkapan kerja lainnya disana. Jika memungkinkan, anda bisa membuat jendela di bawah tangga agar bekerja maupun belajar menjadi lebih fresh, nyaman dan tidak membosankan. 

Baca : 42 Ide Memanfaatkan Space untuk Ruang Kerja Minimalis

Jika dimanfaatkan sebagai tempat belajar anak, anda bisa mengawasi anak-anak saat belajar karena posisi ruang belajar bawah tangga terjangkau dari berbagai sudut rumah.

7. Kamar Mandi Kering

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Ruang bawah tangga yang kosong dan sempit memang cocok digunakan untuk ruang serbaguna minimalis, seperti toilet. Toilet memang tidak membutuhkan ruang yang luas, sehingga bisa diaplikasikan di bawah tangga. Selain terjangkau dari seluruh penjuru rumah, tamu yang datang juga bisa memanfaatkannya.

Baca : 50 Desain Terbaik Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai kamar mandi memang sering dilakukan di Indonesia. Anda bisa memilih berbagai model desain toilet yang sesuai dengan selera anda.

8. Dapur Mini dan Pantry

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Memiliki posisi tangga di bagian belakang rumah, manfaatkan ruang kosong di bawahnya sebagai dapur ataupun pantry. Anda bisa membuat sebagian dapur utama berada di bawah tangga - seperti Kitchen Set, membuat dapur mini yang dimanfaatkan untuk sekedar membuat kopi, teh dan tempat menyimpan cemilan. 

Baca : 55 Desain Dapur Mungil Hemat Ruang

Selain itu anda bisa mendesain Ruang Makan di dapur dengan mengambil area di bawah tangga. Tak perlu lebar-lebar, manfaatkan area bawah tangga sebagai tempat makan mini atau sebagai area dudukan pada sisi meja makan yang lain.  

9. Taman Indoor

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai Taman Indoor banyak ditemui di hotel maupun perkantoran. Hal ini pun juga bisa ditiru untuk diaplikasikan di rumah. Memiliki Taman Indoor akan menciptakan kesan asri dan nuansa yang sejuk di dalam hunian anda. 

Sebaiknya anda benar-benar menyediakan tempat khusus jika ingin menjadikan ruang bawah tangga menjadi taman, seperti mengganti lantainya dengan tanah yang dihias bebatuan. Pastikan lantai taman lebih rendah daripada lantai rumah, agar saat menyiram, rumah anda tidak becek karena air yang meluber kemana-mana.

Baca : 80 Desain Taman Indoor Paling Keren dan Sejuk

Sesuaikan jumlah tanaman hias dengan ukuran taman. Jika area sempit, jangan menaruh banyak tanaman. Pastikan ada jarak antar tanaman agar tidak tampak sumpek, sekaligus menunjang pertumbuhan tanaman hias. Selain tanaman, menghias Taman Indoor dengan Kolam Indoor minimalis juga bisa dicoba.

10. Tempat Bersantai

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Menginginkan ruang privasi tapi ruang tidak memadai?, maanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Anda bisa menaruh sofa panjang di bawah tangga ataupun kasur mini, kemudian bisa menutupnya dengan membuat Pintu Geser maupun tirai.

Jika ingin membuat ruangan di bawah tangga, pastikan bahwa ventilasi sudah cukup baik. Sehingga anda tidak perlu menyendiri di ruang sempit dengan udara  yang ekstra pengap.

11. Ruang Cuci

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Selain toilet, anda bisa memanfaatkan bawah tangga sebagai ruang cuci. Selama ini ruang cuci selalu ada di kamar mandi atau di sebelah dapur. Jika kamar mandi anda tidak cukup ruang, anda bisa memanfaatkan ruang bawah tangga untuk menaruh mesin cuci.

Baca : 60 Desain Ruang Cuci Minimalis Multifungsi

Manfaatkan ruang bawah tangga sebagai ruang cuci hanya jika posisi tangga ada di bagian belakang rumah. Identik dengan ruang yang serba basah-basahkan, pastikan membuat area pembuangan air di area cuci bawah tangga dan pastikan lantainya lebih rendah.

12. Ruang Bermain Anak

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Mainan anak-anak berserakan di rumah?, buatkan markas bermain untuknya!. Jika anda tidak punya waktu mendesain ruang bermain anak di dalam kamarnya atau ruangan di rumah tidak cukup lebar untuk menambahkan ruang bermain, anda bisa memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai tempat bermain yang terlihat mengasyikkan.

Baca : 45 Desain Kreatif Tempat Bermain Anak di Rumah

Dengan memiliki rumah bermain sendiri, anak akan belajar bertanggung jawab mengatur mainannya. Anda bisa mendesain area bawah tangga seperti rumah yang lengkap dengan pintu dan jendela atau bisa juga mendesain dengan menaruh karpet dan beberapa kotak mainan disana, kemudian beri pembatas agar anak aman dalam pengawasan.

13. Kandang Hewan

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Kuatir menaruh kandang hewan peliharaan di luar rumah?, buatkan ruang pribadi di bawah tangga. Namun ini bukan kandang yang lengkap dengan makanan, minuman dan sebagainya, tetapi hanya tempat sementara atau tempat tidur untuk hewan peliharaan anda.

Sebenarnya tidak masalah menaruh makanan, minuman, maupun tempat pup ke dalam kandang di bawah tangga, tetapi anda harus rajin membersihkannya untuk menghindarkan dari bau. 

Anda bisa menaruh hewan peliharaan jinak seperti kucing dan anjing. Namun jangan lupa untuk melengkapi kandang dengan bantal untuk memanjakan mereka. 

Itu adalah beberapa inspirasi yang bisa diaplikasikan di ruang bawah tangga. Jangan jadikan ruang bawah tangga sebagai area penyimpanan yang berantakan. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong sesuai kebutuhan dan tentunya dengan model sesuai selera. Semoga artikel memanfaatkan ruang bawah tangga bermanfaat!

Artikel Terkait