Bingung Memilih Rumah Kontrakan? Pertimbangkan 8 Hal Penting Ini

Bagi yang baru menikah, menempati rumah baru adalah hal yang cukup penting dan biasanya menjadi prioritas dalam membangun keluarga baru. Entah menghuni rumah baru atau rumah kontrakan, pengantin baru biasanya banyak yang memilih tinggal sendiri untuk mengawali hidup mandiri. 

Bagi anda yang belum memiliki rumah sendiri, karena perantauan atau belum terkumpulnya dana untuk membeli rumah baru, menempati rumah kontrakan selalu menjadi solusi ketimbang kost. Namun memilih rumah kontrakan jangan asal-asalan, karena salah memilih, bisa membuat anda menyesal selama masa kontrak.

Tips Memilih Kontrakan


Memang banyak penyedia rumah kontrakan di tengah gencarnya bisnis persewaan masa kini. Meski banyak pilihan rumah kontrakan yang bisa disewa, anda tetap harus menentukan mana yang paling cocok dengan segala pertimbangan. 

Banyak rumah kontrakan yang bagus, tapi ketika ditinggali ternyata tidak memberikan kenyamanan. Bukan saya nyaman untuk ditinggali tetapi juga nyaman untuk diri anda dan keluarga.

Tips Memilih Kontrakan


Memilih rumah kontrakan memang tidak mudah, tetapi anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal sebelum menempati rumah kontrakan agar tidak menyesal di kemudian hari. 


Berikut tips memilih rumah kontrakan yang bisa menjadi pertimbangan :

1. Kontrak dan Harga Sewa Terjangkau

Tips Memilih Kontrakan

Harga memang selalu menjadi faktor utama dalam menentukan keputusan, terlebih untuk sebuah tempat tinggal. Sebelum memilih rumah kontrakan pun, anda pasti tanya dulu harganya baru memikirkan lingkungan rumah. Nah, dalam hal ini pilihlah harga rumah kontrakan yang harga sewanya terjangkau menurut kemampuan anda. 

Pada akhirnya, anda tidak hanya akan membayar sewa rumah, tetapi juga kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Namun ingat, jangan menjadi egois dalam memilih harga. Banyak orang yang ingin menempati rumah kontrakan harga murah tetapi berharap fasilitas yang lengkap. Jadi sesuaikan antara harga dan fasilitas di dalam rumah.

Selain itu, harga rumah ada yang memiliki sistem bayar bulanan dan tahunan. Pilih harga yang paling pas dengan keuangan anda. Biasanya biaya tahunan lebih murah, namun akan cukup berat di awal. Jika ingin lebih ringan, anda bisa menyewa bulanan. 

Untuk harga sistem sewa, anda bisa mencari rumah kontrakan dengan masa sewa sekitar 6 - 12 bulan. Sehingga, apabila suatu saat tidak cocok, anda bisa pindah kontrakan baru secepatnya. 

2. Dekat dengan Aktivitas Rutin

Tips Memilih Kontrakan

Pilih lokasi rumah kontrakan yang dekat dengan aktivitas rutin anda, seperti tempat kerja. Memilih rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja akan mengurangi biaya transportasi berlebih. Selain itu anda bisa menjangkau tempat kerja dengan waktu yang cepat, sehingga ketika pulang bisa segera beristirahat lebih cepat pula. 

Namun bila anda membuka usaha di rumah, anda bisa memilih lokasi rumah kontrakan yang dekat dengan jalan besar ataupun di tempat ramai agar usaha anda mudah ditemukan banyak orang. Kemajuan usaha juga ditentukan lokasi ideal tempat usaha itu, jadi pertimbangkan juga hal ini. 

3. Periksa Kondisi Rumah Kontrakan

Tips Memilih Kontrakan

Lakukan survey untuk memastikan harga sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Anda bisa mempertimbangkan harga dengan bagus tidaknya rumah tersebut, ada berapa kamar, kebersihan kamar mandi / toilet, dsb. Perhatikan kondisi rumah apa ada yang mengalami kerusakan. 

Cek rumah dengan teliti, ada yang perlu direnovasi atau tidak. Dengan begitu anda bisa memperkirakan budget untuk perbaikan rumah kontrakan nantinya. 

Setelah melihat fasilitas yang ada, anda baru bisa membandingkannya dengan rumah kontrakan lain yang memiliki fasilitas sepadan, kemudian putuskan yang memberikan harga lebih ekonomis.

4. Memiliki Fasilitas Memadai

Tips Memilih Kontrakan

Disamping lokasi, fasilitas sangat menentukan harga. Fasilitas memadai bukan berarti mewah, tetapi fasilitas yang mencukupi kehidupan anda dan keluarga di rumah sehari-hari. 

Banyak rumah kontrakan yang bagus, tetapi kesulitan mendapat air bersih setiap harinya. Jika air sulit, apa untungnya menyewa murah?. Untuk itu pastikan ketersediaan air bersih, listrik, WC dan lain-lain yang dirasa penting bagi anda.

5. Lingkungan Baik dan Bersih

Tips Memilih Kontrakan

Sebisa mungkin cari lingkungan yang baik dalam mencari rumah kontrakan karena lingkungan menjadi faktor dalam membentuk karakter seseorang. Lingkungan yang buruk bisa berakibat buruk juga bagi pertumbuhan karakter anak anda kelak. 

Hindari lingkungan para pemabuk, penjudi, pelacur atau semacamnya demi alasan keamanan pergaulan anak-anak. Jangan lupa mengenali tipikal tetangga anda ketika survey tempat. 

Carilah rumah kontrakan dengan lingkungan bersih yang jauh dari selokan-selokan berbau, tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan limbah pabrik, polusi pabrik dan sebagainya. Lingkungan yang bersih akan menjaga anda tetap bersih dan sehat. Bukankah kesehatan itu sangat penting?.

6. Daerah yang Aman

Tips Memilih Kontrakan

Tips memilih rumah kontrakan selanjutnya adalah daerah yang aman. Pilih rumah kontrakan yang aman dari maling, dari kerusuhan dan sebagainnya. Anda tentu tidak ingin tinggal di tempat yang terkenal menjadi sarang maling. Bukannya nyaman, anda malah akan diselimuti perasaan was-was setiap hari.

Selain itu daerah yang rawan konflik juga tidak baik untuk mental anda dan juga anak-anak. Kenyamanan anda bisa hilang seketika, apalagi jika anda berencana membuka usaha di rumah. Jadi anda harus memperhitungkan betul-betul untuk mencari tempat tinggal yang aman.

Lingkungan yang aman harus menjadi pertimbangan dalam memilih rumah kontrakan agar anda tidak terlalu khawatir jika meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama. Lebih baik jika anda memilih rumah yang memiliki penjaga keamanan sendiri, biasanya ada di daerah perumahan. 

7. Dekat dengan Tempat Penting

Tips Memilih Kontrakan

Selain tempat kerja, sebaiknya rumah anda juga dekat dengan tempat-tempat yang dirasa penting seperti pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit maupun tempat ibadah. 

Bila anda beragama Islam, anda tentunya harus mencari tempat yang dekat dengan tempat ibadah untuk memenuhi kebutuhan rohani anda. Jika memang terpaksa tidak mendapatkan kontrakan dekat rumah ibadah, anda bisa mendesain Mushola di Dalam Rumah untuk kegiatan ibadah anda sewaktu-waktu. Baca : 45 Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah. 

8. Perabotan Sudah Lengkap

Tips Memilih Kontrakan

Ada rumah sewa yang sudah dilengkapi perabot, ada juga rumah sewa kosongan. Sebisa mungkin cari rumah kontrakan yang sudah dilengkapi perabot agar anda tidak lagi memikirkan anggaran untuk membeli perlengkapan perabotan rumah tangga dan jika ingin pindah, anda tidak perlu menggotong perabotan itu.

Namun, jika anda memiliki rencana jangka panjang memiliki rumah sendiri. Anda bisa memilih rumah kosongan dan sedikit demi sedikit membeli perabot yang kelak digunakan setelah anda memiliki rumah sendiri. Semua tetap tergantung budget yang anda miliki. Jadi pertimbangkan hal ini dalam memilih rumah kontrakan.

Itu adalah 8 tips penting memilih rumah kontrakan yang bisa kamu pertimbangkan. Sama dengan mahasiswa yang bingung mencari tempat kost, mencari rumah kontrakan memang tidak mudah dan terlalu buru-buru memilih tanpa pertimbangan juga tidak selalu memuaskan. Anda bisa memilih rumah kontrakan dimanapun berada dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi semua itu tergantung budget anda. 

Pengalaman pindah rumah kontrakan memang selalu memberikan pengalaman berharga. Masih banyak tips memilih rumah kontrakan yang muncul dari pengalaman pribadi. Namun, tips diatas dirasa perlu untuk membantu anda dalam mencari pertimbangan. Rumah kontrakan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu lama, jadi butuh pertimbangan yang matang. Semoga artikel Tips Memilih Rumah Kontrakan bermanfaat!

Related Posts