10 Cara Mendesain Kamar Tidur Mungil Agar Tampak Luas

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit. Ada yang menyukai desain kamar tidur luas, ada pula yang menyukai kamar tidur minimalis, mungil dan rapi. Meski begitu, memiliki kamar tidur sempit sering menjadi masalah, terutama dalam hal kenyamanan karena kurang leluasa. 

Tetapi jika menghuni  Rumah Minimalis, apa boleh buat?, mau tidak mau anda harus banyak berfikir bagaimana cara mendesain kamar tidur sempit agar tampak luas. Berkreasi di kamar sempit itu bukanlah hal yang mustahil, tetapi memang gampang-gampang susah. 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendesain kamar tidur sempit terlihat lapang. Pada intinya tentu dengan memanfaatkan ruang kosong di area kamar, entah itu area vertikal maupun horisontal. Tidak perlu muluk-muluk, ada banyak ide pilihan yang bisa anda pilih.

Berikut beberapa tips mendesain kamar tidur sempit agar tampak luas :

1. Pilih furniture minimalis

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Menggunakan furniture minimalis wajib hukumnya jika anda memiliki desain kamar tidur sempit. Anda tidak perlu furniture berukuran besar yang justru akan membuat kamar tidur menjadi penuh sesak. 

Pilih ukuran furniture yang tidak banyak makan tempat agar anda leluasa di dakam kamar. Selain itu anda bisa bisa memilih furniture tembus pandang agar ruangan tidak tampak penuh.
Anda harus bisa menyeimbangkan proporsi furniture dengan luas kamar. Selain itu lebih baik lagi jika anda juga memilih furniture yang multifungsi seperti adanya laci di area bawah ranjang dan sebagainya. 

Adanya tempat penyimpanan bsia membuat anda menghemat tempat untuk menyimpan beberapa barang. 

2. Aplikasikan cermin berukuran besar

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Jika anda memiliki dinding atau pintu yang masih kosong, tambahkan cermin agar ruangan terlihat lebih besar. Cermin tidak hanya memantulkan cahaya, tetapi cermin dengan  sudut yang tajam akan menciptakan kedalaman atau ketinggian. 

Hingga sekarang, cermin masih menjadi andalan untuk menata ruang kecil agar tampak luas. Biasanya cermin besar diaplikasikan di pintu lemari, tetapi yang dimaksud disini adalah cermin besar yang ditempatkan di sebelah jendela yang akan memberikan ruang lebih luas untuk ruangan kecil. 

Anda bisa menggantung beberapa cermin pada dinding ataupun menggunakan cermin besar full-body

3. Berikan warna terang pada ruangan

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Warna terang memang bisa membuat ruangan menjadi lebih lapang. Oleh karena itu, pilih warna terang seperti pastel atau netral untuk mendesain kamar tidur sempit anda, karena warna tersebut tidak pernah gagal menjadikan ruangan kecil terasa luas. 

Agar tidak tampak monoton dengan warna terang, anda bisa menyiasati dengan menambahkan unsur lain agar kamar tidur tidak tampak membosankan, seperti warna pastel dan warna-warna muda lainnya. Anda bisa juga menggunakan warna gelap, tetapi hindari penggunaannya secara berlebihan. 


Baca : Desain Ruang Tamu Nuansa Putih

Ilusi optik sederhana selain kaca adalah mengecat trim - seperti bingkai pintu, bingkai jendela, rangka ranjang, dst, dengan warna yang lebih terang dari dinding. Trik sederhana dalam desain kamar ini akan membuat dinding terasa lebih jauh, memberikan kamar tidur yang lebih luas. 

4. Memaksimalkan penerangan alami.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Cahaya alami akan menciptakan kesan luas di dalam kamar tidur sempit anda. Dikombinasikan dengan adanya cermin dan dinding yang terang, anda akan merasakan perbedaan di dalam ruang kecil. 

Jadi, jangan pernah menghalangi cahaya matahari masuk yang bisa membuat kamar mungil jadi lapang sekaligus hawa segar.
Memiliki jendela besar menjadi nilai plus dalam mendesain kamar tidur sempit. Namun bila anda memiliki jendela yang kecil, seringlah membuka tirai di siang hari dan tambahkan dengan lampu agar ruangan tetap terlihat terang dan lebar.   

5. Menggunakan Desain Ranjang Multifungsi.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Ranjang tidak hanya digunakan untuk tidur, tetapi bisa bermanfaat jika anda memang bisa memanfaatkannya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, anda bisa membuat laci pada bawah ranjang untuk menghemat tempat penyimpanan barang. Selain itu bisa anda siasati dengan Desain Kamar Tidur Tingkat.


Baca : Model Kamar Tidur Multifungsi Hemat Ruang

Umumnya Kamar Tidur Tingkat untuk anak-anak. Namun, Kamar Tidur Tingkat tidak selalu untuk tidur dua orang atau lebih. Anda bisa menggunakan kamar tidur tingkat meski hanya anda saja penghuninya, yaitu memanfaatkan bagian bawah. Anda bisa menaruh Meja Rias, lemari, rak atau apapun yang anda butuhkan. 

6. Gunakan motif garis-garis.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Motif dinding adalah salah satu cara mendesain kamar tidur sempit Agar Tampak Luas. Agar ruangan tidak tampak monoton, anda bisa berkreasi dengan corak garis-garis yang cocok untuk ruangan sempit.

Motif garis-garis bisa mengubah tampilan ruangan anda. Corak garis-garis vertikal di dinding bisa membuat langit-langit tampak lebih tinggi, sedangkan corak garis-garis horisontal bisa membuat ruangan terkesan lebih lebar. Tetapi ingat, jangan memadukan keduanya ya guys!

7. Hindari headboard.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Kebanyakan headboard diaplikasikan pada ranjang jumbo yang ada di dalam ruangan besar. Sehingga akan sangat bermasalah jika mengaplikasikan headboard di dalam desain kamar tidur sempit anda, karena akan terlihat penuh sesak. 

Anda bisa menggantinya dengan desain yang lebih bermanfaat seperti rak di atas tempat tidur maupun menggantinya dengan wall art. Tentunya jangan terlalu berlebihan juga dalam mengaplikasikannya yang akan membuat kamar tidur tampak sumpek. Sebaiknya pastikan memang ada ruang kosong di atas tempat tidur.

8. Pemilihan warna dan desain tirai.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Selain motif vertikal, ilusi tinggi langit-langit juga bisa disiasati dengan pemasangan tirai. Gantunglah tirai lebih tinggi dari bingkai jendela dan mendekati langit-langit. Gantungan tirai tinggi ini bisa menciptakan kesan agar kamar tidur tampak lebih lebar.

Untuk warna, jangan gunakan tirai dengan kain tebal dan warna gelap. Sebaliknya, gunakan kain tipis dengan warna yang terang agar jendela juga terlihat. Namun jangan biarkan tirai menyentuh lantai yang akan memperjelas tinggi ruangan. Sisakan sedikit jarak antara lantai dan tirai. 

9. Manfaatkan area dinding.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Menggantung beberapa hiasan di dinding akan memberikan ilusi dinding yang lebih tinggi. Namun jika anda memiliki rak atau penyimpanan lain, usahakan agar lebih dekat ke langit-langit untuk menarik mata ke atas dan tercipta kesan tinggi dan lapang. 
Aksen kamar tidur seperti ini akan mengalihkan perhatian dari kamar tidur yang sempit. Untuk menggantung hiasan, anda bisa membagi dinding membagi tiga bagian, bukan dua. Pastikan rak lebih dekat sepertiga ke atas dan hiasan gantung sepertiga lebih dekat ke bawah. Masing-masing memiliki efek mempertinggi. 

10. Gunakan lampu yang lebih kecil.

Cara Mendesain Kamar Tidur Sempit

Untuk ruangan dengan penerangan alami kecil, anda memang membutuhkan ukuran lampu yang terang. Namun alih-alih menggunakan sumber cahaya di tengah langit-langit ruangan, coba gunakan beberapa lampu kecil di sekitar ruangan. 

Ini akan menarik mata di sekitar ruangan dan menciptakan kesan luas. Cara yang mudah adalah menempatkan lampu meja di samping tempat tidur. 
Selain itu, anda bisa menggunakan lampu lantai dan lampu meja, kemudian memperkecil pencahayaan langit-langit. Cahaya yang tidak terlalu terang akan menyamarkan sudut ruangan, sehingga terasa lebih luas. 

Menata kamar tidur sempit memang gampang-gampang mudah ya. Pastinya anda bisa mencoba beberapa tips sederhana diatas. Tidak perlu semua, anda bisa mencobanya satu demi satu hingga dirasa sudah cukup puas, nyaman dan terasa lapang. 

Semoga artikel Cara Mendesain kamar tidur sempit bermanfaat. Selamat berkreasi!