7 Trik Mudah Agar Rumah Sederhana Terlihat Mewah

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah. Tentu ada banyak alasan kenapa setiap orang melakukan perbaikan rumah. Sebagian besar alasannya adalah untuk menambah nilai rumah agar terlihat cantik, indah dan mewah. Banyak jenis perubahan yang dilakukan, seperti mengecat baru, renovasi ruangan dan pengaturan landscape. 

Untuk memperbaharui semua itu tentu tidak membutuhkan biaya yang sedikit, apalagi jika anda menambahkan beberapa tempat baru di rumah untuk memperluas hunian. Lalu bagaimana jika budget tidak memungkinkan untuk melakukan itu semua?

Tidak sedikit orang yang menginginkan huniannya terlihat mahal dan mewah. Tidak sedikit pula yang ingin memiliki rumah besar yang memang mahal dan mewah. Rumah mahal dan mewah tidak selalu dilihat dari besarnya ukuran rumah. 

Memiliki rumah besar tapi berantakan tentu tidak enak dipandang daripada Rumah Minimalis yang terjaga kebersihannya. Menghuni rumah sederhana'pun bisa menjadikan anda tinggal di hunian mewah dengan beberapa trik desain.

Anda bisa melakukan beberapa perubahan pada hunian idaman dengan biaya murah. Mewah tidak selalu mahal dan tidak sedikit orang menggunakan biaya yang besar untuk perbaikan rumah. Nah, berikut ada beberapa tips jitu untuk membuat rumah sederhana tapi, tentu saja dengan biaya murah.

1. Rapikan Seluruh Komponen di Dalam Rumah

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah
Interior rumah mewah bervariasi, tetapi tetap memiliki satu kesatuan yaitu kerapian. Tempat yang bersih dan rapi tentu terasa lebih baik daripada ruangan berantakan. Jadi, anda harus mengatur dan menyederhanakan barang-barang agar lebih rapi. Siapkan area untuk beberapa barang menumpuk di dalam rumah anda.

Taruh barang-barang sejenis dalam satu wadah. Surat, majalah, buku dan sejenisnya bisa dimasukkan dalam rak khusus atau diletakkan di Ruang Kerja maupun Perpustakaan Minimalis di dalam rumah. 

Contoh yang lain, anda bisa menggunakan mangkuk sederhana atau penggantung mini di dinding untuk menyimpan kunci-kunci akses rumah. Rapikan juga kabel-kabel agar tidak merusak dekorasi. 

Jaga rumah anda tetap bersih dan bebas dari barang-barang berserakan yang tidak perlu. Hilangkan debu dan kotoran dari lantai, dinding dan furniture secara rutin untuk tetap bisa menonjolkan sisi mewah di dalam rumah anda. 

2. Warna

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Memilih warna biasanya membuat sebagian orang bingung tentang apa warna yang digunakan untuk ruangan. Ujung-ujungnya, warna putih menjadi pilihan terbanyak. 

Hal ini tidak salah jika anda ingin menerapkan nuansa mewah di dalam rumah. Warna putih dengan warna netral memang memberikan kesan kecanggihan dan kemewahan di dalam ruangan.
Untuk memberikan kesan elegan rumah sederhana tapi mewah, ada dua pilihan corak warna yang bisa dipilih, yaitu tebal dan dramatis atau netral dan lembut. Sesuaikan corak sesuai dengan karakter rumah. Anda bisa melihat Tips Pemilihan Warna yang Jitu untuk memilih kombinasi warna tepat yang sesuai dengan selera anda. 

3. Tirai Panjang Pada Jendela

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Hindari tirai tipis dan tidak bergaris pada jendela. Alih-alih ingin terlihat elegan, interior rumah malah terlihat biasa saja. Pilih tirai jendela yang dibuat dari material elegan seperti sutra, linen dan katun. 


Baca : Desain Teralis Jendela Sederhana, Banyak yang Suka

Hindari memiliki tirai yang memiliki motif terlalu ramai. Gantung tirai sedekat mungkin dengan plafon untuk menciptakan kesan ruangan tinggi dan mewah. Tirai yang digantung tepat di atas jendela justru memberikan kesan yang biasa saja. 

4. Elemen Kaca Pada Furniture

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Anda bisa menggunakan elemen kaca pada furniture seperti meja. Penggunaan elemen kaca, cukup untuk memberikan kesan mewah di dalam ruangan. Pilihlah meja bermaterial kaca. 

Tidak perlu semuanya dari kaca, cukup pilih meja yang dilapisi  kaca pada bagian permukaannya. Sedangkan untuk bagian penyangga, anda bisa memilih materialnya dari kayu ataupun besi sesuai dengan konsep ruang tamu. 

5. Pencahayaan

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Trik rumah sederhana tapi mewah yang mudah selanjutnya adalah dengan menambahkan pencahayaan di dalam interior rumah. Anggaplah bahwa pencahayaan adalah penghias ruangan. 


Baca : Model Lampu Rotan Unik dan Stylish di Rumah

Gunakan beberapa Lampu Gantung Minimalis yang unik dan ekspresif. Atur pencahayaan dalam berbagai ketinggian dan ukuran yang tepat untuk menciptakan efek dramatis. 

Tambahkan lampu meja di setiap kamar. Pencahayaan dalam bentuk apapun juga akan menciptakan tampilan dan nuansa yang mahal. Tidak perlu barang baru, anda bisa menjelajahi pasar loak atau toko barang bekas dengan harga murah. Gunakan bola lampu LED, karena hemat biaya, hemat energi dan tahan lama.

6. Aplikasikan Cermin

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Cermin hiasan yang cukup besar akan memantulkan cahaya di rumah yang akan menambah pencahayaan sekaligus menambah faktor kemewahan di dalam rumah. Anda bisa membuat dinding fitur dengan cermin besar yang menggantung atau bersandar di dinding dekat lampu sorot.

 Anda juga bisa memaksimalkan trik ini dengan menggantung berbagai macam cermin dalam berbagai ukuran dan bentuk, menciptakan desain eklektik dan artistik pada dinding.

7. Meminimalkan Furniture

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Gunakan konsep minimalis untuk membuat rumah anda terlihat mahal. Tidak perlu mengaplikasikan furniture yang terlalu banyak. Aplikasikan perabotan yang minimal dengan barang-barang yang dibutuhkan. 

Misalnya jika anda memiliki kursi tambahan pada ruang tamu yang tidak pernah digunakan, maka lebih baik disingkirkan. 

8. Aksesoris

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Banyaknya aksesoris bisa membuat ruangan tampak penuh, begitu pula sebaliknya. Warna emas memang bisa menambahkan kesan elegan di dalam rumah, tetapi aksen emas yang berlebihan bisa menyakitkan mata dan malah membuat tidak nyaman. 

Anda bisa mengganti warna emas pada aksesoris ruangan (bingkai foto, ornamen lampu, hiasan meja,dst) dengan warna silver, krom dan nikel yang memiliki corak kalem namun memberikan tampilan rumah sederhana tapi mewah.

Aksesoris untuk membuat rumah sederhana tapi mewah adalah pengaplikasian bantal pada sofa. Percantik area sofa dengan bantal-bantal bermotif atau warna warni, karena bantal yang polos dengan warna senada dengan furniture akan tampak membosankan. 

9. Tambahkan Karpet

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Tambahkan karpet di ruangan yang anda inginkan, seperti ruang tamu, ruang makan maupun kamar tidur. Karpet di bawah meja makan harus berukuran 36 inch lebih lebar dari meja (di semua sisi) untuk memastikan gerakan kursi yang mulus. 

Di ruang tamu, karpet harus cukup besar sehingga kaki depan furnitur berdiri di atasnya. Jika karpet berukuran kamar, harus berada antara 12 inch sampai 24 inch dari dinding di semua sisi.

10. Hiasi dengan Tanaman

Tips Rumah Sederhana tapi Mewah

Agar rumah anda tampak cantik dan mewah, tambahkan bunga di dalam dekorasi interior rumah anda. Anda bisa menambahkan hiasan bunga ataupun bunga hidup pada meja maupun jendela di dalam rumah, Untuk sudut ruangan, anda bisa menggunakan Tanaman Indoor terbaik yang sesuai dengan selera anda. 


Baca : Tanaman Hias Terbaik untuk Penyegar Ruangan

Mendesain rumah sederhana tapi mewah memang tidak mudah, tetapi 10 tips diatas bisa digunakan sebagai referensi untuk mendesain rumah anda. Memang banyak cara yang masih bisa dilakukan, seperti membeli perabotan baru. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat desain mewah dengan sentuhan artistik. 

Semoga artikei Tips Rumah Sederhana tapi Mewah bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi contoh desain rumah yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !