10 Cara Kreatif Mendekorasi Tangga untuk Mempercantik Rumah

Cara Dekorasi Tangga. Tangga adalah elemen yang paling penting pada rumah tingkat, karena setiap saat, aktivitas di dalam rumah tidak lepas dari melewati tangga. Ada banyak model tangga yang sekarang banyak digunakan di dalam Rumah Minimalis maupun rumah bergaya mewah. Model tangga tersebut antara lain Model Tangga Bentuk L, Model Tangga Bentuk Spiral, melingkar, bentuk U, bentuk Y dan sebagainya. Tangga yang biasa tidak akan memberikan nilai plus di dalam desain rumah. Sebaliknya, mengubah tangga biasa menjadi luar biasa, perlu dilakukan untuk menciptakan kesan cantik di rumah idaman anda.

Tangga rumah berbentuk L menjadi favorit khusunya pada Rumah Minimalis dan sederhana. Bahkan hampir semua model rumah di Indonesia juga banyak menggunakan Model Tangga Bentuk L. Selain tidak ribet dalam mendesain, Model Tangga Bentuk L mudah dibuat di dalam Rumah Minimalis maupun rumah modern. 

Bagi penyuka desain interior Rumah Minimalis modern, tentu menginginkan tampilan tangga rumah yang simple, nyaman digunakan maupun dipandang. Sehingga mendekorasi tangga, akan membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan unik.

Ada berbagai bahan untuk membuat tangga, misalnya berbahan dasar beton, kayu maupun baja. Penggunaannya pun juga disesuaikan dengan model bangunan. Jika anda menghuni Rumah Minimalis modern, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghias tangga mungil di rumah anda. Memiliki tangga yang unik, cantik dan kreatif, akan memberi kesan nyaman dan artistik pada hunian anda.

Cara kreatif dekorasi tangga di rumah :

1. Memasang Karpet

Cara dekorasi tangga
Memasang Karpet
Memasang karpet pada anak tangga selama ini banyak digunakan sebagian besar pada rumah bergaya mewah. Desain karpet yang digunakan beragam tergantung dari tema dan model rumah, jadi pemilihan warna, motif dan bahan karpet harus diperhatikan. Memasang karpet pada tangga akan memberi kesan mewah dan elegan.

Keuntungan memasang karpet pada anak tangga, selain memberikan kesan indah yaitu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Karpet bisa meminimalkan kemungkinan terpeleset, menyerap debu dan menyerap suara sehingga bisa mengurangi kebisingan ketika digunakan. Sedangkan kekurangannya, bila terlalu lembab menyebabkan bau tidak sedap, susah diperbaiki jika sobek, memiliki usia yang terbatas dan harus rutin dibersihkan untuk membersihkan kotoran atau debu.

2. Memasang Keramik

Cara dekorasi tangga
Memasang Keramik
Berbeda dengan memasang keramik pada lantai, anda bisa menghias tangga dengan memasang keramik pada sisi depan anak tangga. Pilihlah keramik yang berukuran kecil agar bisa menggunakan beragam corak, atau anda bisa memilih salah satu jenis saja, tergantung pada kesukaan anda mendekorasi. Anda bisa memilih berbagai corak untuk membuat tangga anda tampil artistik.

Keuntungan memasang keramik yaitu mudah dibersihkan, banyak pilihan motif dan ukuran. Sedangkan kekurangannya yaitu mudah pecah jika terkena benda berat dan cukup rumit dalam pemasangannya.

3. Menaruh Tanaman

Cara dekorasi tangga
Menaruh Tanaman
Menaruh tanaman pada anak tangga merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk mempercantik tangga di rumah. Anda bisa menggunakan tanaman hias atau Tanaman Hidup. Jika menggunakan Tanaman Hidup, pastikan ukuran tidak terlalu besar agar tidak mengganggu aktivitas di tangga. 

Anda bisa memasang tanaman secara bervariasi ataupun seragam. Untuk peletakannya, bisa menaruh pada tiap anak tangga atau memberikan sedikit jarak pada anak tangga, tergantung selera. Posisinya bisa dibuat silang (biasanya untuk tangga berukuran lebar) atau seragam di salah satu sisi untuk tangga minimalis.

Memberi tanaman pada anak tangga bisa memberi kesan alami dan sejuk. Tetapi jika aktivitas di tangga padat, tentu bisa mengganggu. Selain itu jika memberikan Tanaman Hidup, perawatannya cukup rumit dan bisa menyebabkan rumah anda kotor. Jika anda memiliki anak kecil di rumah, hindari memasang tanaman dengan pot pecah belah.

4. Memasang Lampu

Cara dekorasi tangga
Memasang Lampu
Penggunaan lampu pada tangga biasanya diaplikasikan pada rumah mewah dan juga Rumah Modern yang kebanyakan menggunakan tangga berbahan kayu. Penggunaan kayu dapat memudahkan dalam menginstalasi kabel dan memasang fitting. Anda bisa meletakkan lampu di bawah anak tangga maupun di sisi anak tangga. Untuk bentuk dan ukuran lampu, bisa disesuaikan dengan ukuran tangga sesuai selera.

Pemasangan lampu akan memperindah tampilan tangga khususnya pada malam hari. Tetapi sebaiknya, pemasangan lampu pada tangga tidak diaplikasikan di daerah rawan banjir.

5. Mengecat Anak Tangga

Cara dekorasi tangga
Mengecat Anak Tangga
Mengecat anak tangga mudah dilakukan pada tangga berbahan kayu maupun logam karena akan menghasilkan warna yang bagus, tidak pecah, dan juga untuk menutup pori-pori. Anda bisa menggunakan berbagai jenis warna dan desain tergantung selera, tetapi jangan lupa untuk memilih cat dengan kualitas terbaik agar mendapat hasil maksimal. 

Keuntungan menghias anak tangga dengan cat, anda bisa memilih banyak pilihan warna dan bisa dicat ulang jika warna mulai luntur. Kelemahan penggunaan cat pada anak tangga yaitu jika sering dilewati, warna akan cepat luntur. Pengaplikasian cat sampai bisa digunakan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

6. Menambahkan Tulisan

Cara dekorasi tangga
Menambahkan Tulisan
Menghias tangga sederhana yang bisa dilakukan adalah menghiasnya dengan tulisan pada sisi depan anak tangga. Anda bisa memasang papan pada sisi depan anak tangga kemudian menuliskan sesuatu seperti kalimat motivasi, inspirasi dan sebagainya. Dengan menggunakan papan tulis, anda bisa merubah tulisan sesuka hati. Dekorasi seperti ini tentu sangat disukai oleh anak-anak dan hal ini bisa membantu mengembangkan sisi kreativitas pada anak.

7. Hiasan Dinding

Cara dekorasi tangga
Hiasan Dinding
Jika anda memiliki tangga yang berdempet dengan dinding, memberikan hiasan pada dinding di sepanjang tangga akan memberikan kesan mewah dan elegan. Anda bisa menambahkan bingkai foto, kaca, karya seni atau ornamen hiasan dinding yang lain. Jika tangga anda berbentuk melengkung, maka buat dekorasi mengikuti arah tangga.

8. Menempel Stiker

Cara dekorasi tangga
Menempelkan Stiker
Bukan hanya dinding yang bisa diperindah dengan menambahkan Wallpaper Unik. Anda bisa mengaplikasikan stiker pada sisi depan anak tangga. Ada berbagai gambar stiker yang bisa dipilih sesuai selera. Pemasangan stiker akan membuat kesan lebih hidup, unik dan kreatif pada anak tangga di rumah anda. Mungkin pemasangan stiker pada anak tangga cukup rumit dan menyusahkan, tetapi akan menimbulkan kesan yang luar biasa.

Selain stiker, anda bisa menempelkan barang-barang bekas agar lebih kreatif yang akan membuat tangga anda lebih tampak unik.
Cara dekorasi tangga
Menempel Barang Bekas

9. Menghias Pegangan Tangga

Cara dekorasi tangga
Menghias Pegangan Tangga
Kebanyakan tangga memiliki pegangan, meskipun pada beberapa rumah bergaya modern memiliki tangga stylish tanpa pegangan. Selain memperhatikan desain anak tangga, anda juga bisa menghias pegangan tangga. Anda bisa menghiasnya dengan menggantungkan bunga, lampu atau pernak pernik lainnya. 

Menghias pegangan tangga bisa menciptakan kesan klasik dan ceria, tergantung bagaimana anda ingin menghiasnya. Namun untuk perawatan kebersihan hiasan pegangan tangga cukup rumit, untuk itulah kenapa menghias pegangan tangga dilakukan saat ada momen tertentu seperti acara pernikahan maupun Dekorasi Momen Natal.

10. Menambahkan Brackets

Cara dekorasi tangga
Menambahkan Brackets
Sisi luar anak tangga biasanya dilupakan dalam mendekorasi tangga. Anda bisa menghias sisi luar tangga menggunakan brackets. Brackets disini merupakan kurungan tangga hias yang bisa diaplikasikan untuk menciptakan suasana klasik, simple, namun elegan. Anda bisa menggunakan brackets kayu sederhana yang bisa dipasang dengan perekat. Kualitas dan harga bracket bermacam-macam tergantung jenis kayu yang digunakan. Ada berbagai jenis model bracket yang bisa dipilih sesuai selera. 

Itu adalah beberapa cara kreatif untuk menghias tangga di rumah yang bisa dilakukan pada rumah bergaya sederhana hingga mewah. Anda tinggal memilih sesuai selera. Jangan lupa sesuaikan dekorasi dengan tema dan model rumah idaman anda. Selamat Berkreasi !

Artikel Terkait