10 Cara Kreatif Dekorasi Tangga Rumah untuk Percantik Interior

Dekorasi tangga bisa menjadi hal yang menarik untuk menghias interior rumah anda. Pada dasarnya, tangga yang biasa tidak akan memberikan nilai plus dalam desain rumah. Dari beberapa model tangga yang ada, mulai bentuk L, bentuk U, hingga spiral, anda bisa menjadikannya lebih memiliki daya tarik pada ruangan.

Mengubah tangga biasa menjadi luar biasa perlu dilakukan untuk menciptakan kesan cantik di rumah idaman anda. Dalam hal ini, tangga bentuk L menjadi favorit pada rumah minimalis maupun rumah modern. Bahkan hampir semua gaya rumah di Indonesia banyak yang menggunakannya.

Bagi penyuka desain interior rumah minimalis modern, tentu menginginkan tampilan tangga rumah yang simple, nyaman digunakan maupun dipandang. Ada banyak cara dekorasi tangga yang bisa dilakukan di rumah. Memiliki tangga yang unik, cantik dan kreatif, akan memberi daya tarik yang unik ke dalam ruangan rumah anda.

Tips Dekorasi Tangga


1. Memasang Karpet

hiasan tangga rumah
Memasang karpet pada anak tangga banyak dilakukan pada rumah mewah. Desain karpet mulai dari warna, motif dan bahan yang digunakan beragam, tergantung tema rumah. Dekorasi tangga pada rumah minimalis bisa dilakukand engan memasang karpet polos tanpa motif.

Selain memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna, karpet dapat meminimalkan kemungkinan terpeleset. Selain itu juga dapat menyerap debu dan menyerap suara sehingga bisa mengurangi kebisingan ketika digunakan. Kekurangannya adalah bila terlalu lembab akan menyebabkan bau tidak sedap, susah diperbaiki jika sobek dan memiliki usia yang terbatas.

2. Memasang Keramik

hiasan tangga rumah

Dekorasi tangga satu ini bisa diterapkan pada gaya rumah klasik maupun modern, tergantung motif keramik. Berbeda dengan memasang keramik lantai, anda bisa memasang keramik pada sisi depan anak tangga. Pilih keramik berukuran kecil agar bisa menggunakan beragam corak, atau pilih satu jenis saja, tergantung selera.

Anda bisa memilih berbagai corak untuk membuat tangga anda tampil unik dan artistik. Keuntungan memasang keramik yaitu mudah dibersihkan, banyak pilihan motif dan ukuran. Sedangkan kekurangannya yaitu mudah pecah jika terkena benda berat dan cukup rumit dalam pemasangannya.

3. Menaruh Tanaman

dekorasi tangga rumah

Menaruh tanaman pada anak tangga merupakan cara dekorasi tangga yang sangat mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan tanaman hias plastik maupun tanaman hidup. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar tidak mengganggu aktivitas di tangga.

Anda bisa memasang tanaman secara bervariasi atau seragam. Untuk peletakannya, bisa menaruh pada tiap anak tangga atau memberikan sedikit jarak pada anak tangga, tergantung selera. Posisinya bisa dibuat silang (biasanya untuk tangga berukuran lebar) atau seragam di salah satu sisi untuk tangga minimalis.

Memberi tanaman sebagai bagian dekorasi tangga rumah dapat memberi kesan alami dan sejuk. Tetapi jika aktivitas di tangga padat, tentu bisa mengganggu. Selain itu jika menaruh tanaman hidup, perawatannya cukup rumit dan bisa menyebabkan rumah anda kotor. Jika anda memiliki anak kecil di rumah, hindari memasang tanaman dengan pot pecah belah.

4. Memasang Lampu

dekorasi tangga rumah


Penggunaan lampu pada dekorasi tangga biasanya diaplikasikan pada rumah mewah dan rumah modern yang kebanyakan menggunakan tangga kayu. Penggunaan kayu dapat memudahkan dalam menginstalasi kabel dan memasang fitting.

Anda bisa meletakkan lampu di bawah anak tangga maupun di sisi anak tangga. Untuk bentuk dan ukurannya, bisa disesuaikan dengan tangga. Pemasangan lampu akan menjadi hiasan tangga rumah yang indah pada malam hari. Namun, sebaiknya, pemasangan lampu tangga tidak diaplikasikan di daerah rawan banjir.

5. Mengecat Anak Tangga

dekorasi tangga rumah

Mengecat anak tangga mudah dilakukan pada tangga berbahan kayu maupun logam karena akan menghasilkan warna yang bagus, tidak pecah, dan juga untuk menutup pori-pori. Ini adalah dekorasi tangga yang membutuhkan kreatifitas dan seni. Anda bisa menggunakan berbagai jenis warna, tetapi jangan lupa untuk memilih cat dengan kualitas terbaik agar mendapat hasil maksimal.

Keuntungan menghias anak tangga dengan cat yaitu anda bisa memilih banyak pilihan warna dan bisa mendesainnya sesuka hati. Kelemahan penggunaan cat pada anak tangga yaitu jika sering dilewati, warna akan cepat luntur. Selain itu, pengaplikasian cat sampai bisa digunakan tentunya membutuhkan waktu yang cukup panjang.

6. Menambahkan Tulisan

dekorasi tangga rumah

Dekorasi tangga sederhana yang bisa dilakukan adalah menghiasnya dengan tulisan pada sisi depan anak tangga. Anda bisa memasang papan pada sisi depan anak tangga kemudian menuliskan sesuatu seperti kalimat motivasi, inspirasi dan sebagainya. Ini lebih mudah dilakukan pada tangga kayu.

Dengan menggunakan papan tulis, anda bisa merubah tulisan sesuka hati. Dekorasi seperti ini tentu sangat disukai oleh anak-anak. Menariknya, dari hal ini, anda juga bisa membuat pola untuk membantu mengembangkan kreativitas anak.

7. Hiasan Dinding

hiasan dinding tangga

Jika anda memiliki tangga yang berdempet dengan dinding, memberikan hiasan dinding tangga akan memberikan kesan hangat dan santai dan elegan. Contoh hiasan di dinding tangga seperti foto keluarga, karya seni atau ornamen hiasan dinding dan sebagainya. Anda hanya perlu menghiasnya sesuai arah tangga.

8. Menempel Stiker

hiasan tangga rumah

Bukan hanya dinding yang bisa dipercantik dengan menambahkan wallpaper. Anda juga bisa menempel stiker pada sisi depan anak tangga. Pemasangan stiker akan membuat kesan lebih hidup dan menambah daya tarik, apalagi ada berbagai motif yang bisa dipilih sesuai selera.

Mungkin pemasangan stiker pada anak tangga cukup rumit dan menyusahkan, tetapi akan menimbulkan kesan yang luar biasa. Selain stiker, anda bisa menempelkan barang-barang bekas agar lebih unik.

9. Menghias Pegangan Tangga

hiasan tangga rumah

Kebanyakan tangga memiliki pegangan, meski pada beberapa rumah kontemporer ada yang tanpa pegangan. Selain memperhatikan desain anak tangga, anda juga bisa menghias pegangan tangga. Hiaslah dengan menggantungkan bunga, lampu atau pernak pernik lainnya.

Dekorasi tangga ini bisa menciptakan kesan klasik dan ceria, tergantung bagaimana anda ingin menghiasnya. Namun, untuk perawatan kebersihan hiasan pegangan tangga cukup rumit. Itulah kenapa menghias pegangan tangga dilakukan saat ada momen tertentu seperti acara pernikahan dan hari perayaan lainnya.

10. Menambahkan Brackets

hiasan tangga rumah

Sisi luar anak tangga biasanya dilupakan dalam dekorasi tangga. Anda bisa menghias sisi luar tangga menggunakan brackets. Brackets disini merupakan kurungan tangga hias yang bisa diaplikasikan untuk menciptakan suasana klasik, simple, namun elegan.

Gunakan brackets kayu sederhana yang bisa dipasang dengan perekat. Kualitas dan harga bracket bermacam-macam tergantung jenis kayu yang digunakan. Ada berbagai jenis model bracket yang bisa dipilih sesuai gaya rumah anda.

Itu adalah beberapa cara kreatif dekorasi tangga rumah yang bisa dilakukan pada rumah gaya sederhana hingga mewah. Jangan lupa sesuaikan dekorasi dengan tema dan model rumah idaman anda. Selamat Berkreasi !

Related Posts