20 Tanaman Hias Penyegar Ruangan, Mana Favoritmu?

Siapa yang tidak ingin menghuni rumah asri nan segar?. Yah, tentu hampir semua penghuni rumah menginginkannya, terlebih jika tinggal di daerah yang panas dan padat penduduk. 

Memiliki hobi untuk menanam tanaman hias tentu sangat menguntungkan. Mengaplikasikan tanaman hijau di dalam desain rumah anda bisa menjadi solusi yang tempat untuk mendapatkan udara segar sekaligus menciptakan suasana alami.

Ada berbagai tanaman yang bisa anda aplikasikan di dalam desain rumah, tetapi hanya beberapa yang memiliki manfaat untuk rumah anda. Sebelum menanam tanaman hias, anda harus memperhatikan fungsi dan efek dari tanaman tersebut. Tanaman hias yang baik untuk interior rumah tentunya adalah tanaman pemurni udara.

Tanaman Hias Penyegar Ruangan

Tanaman tidak hanya sebagai penghias dekorasi interior rumah anda, tetapi ada yang bermanfaat baik untuk anda. Berikut beberapa tanaman hias penyegar ruangan yang baik diaplikasikan sebagai tanaman hias dan penyegar ruangan :

1. Boston Fern

Boston Fern merupakan jenis tanaman hias pakis atau paku yang memiliki banyak manfaat. Tanaman Pakis boston adalah tanaman pembersih udara yang bertahan sejak jaman pra-sejarah hingga kini. 

Selain bentuk yang eksotis, tanaman ini juga bertindak sebagai humidifier alami. Tanaman Pakis Boston melepaskan kelembaban ke udara sekaligus menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena. 

2. Pohon Palem


Anda bisa menggunakan Palem Kuning atau Palem Bambu untuk menghias rumah anda. Palem bisa tumbuh mencapai 1-6 meter dan pada dasarnya bisa disimpan dimana saja. 

Pohon Palem tersebut mampu menyedot polutan yang berasal dari formaldehyde. Tanaman hias ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur dan mungkin mengundang serangga, jadi harus disemprot pestisida.

3. Karet Bangkok (Rubber Plant)


Tanaman Karet Bangkok memiliki daun yang lebar, sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang lebar. Selain mudah tumbuh dan berkembang, tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Karet Bangkok mampu menyerap polusi udara. 

4. Peace Lily


Meski bernama Lily, Peace Lily bukan spesies dari bunga Lily. Peace Lily merupakan tanaman hias yang bisa berbunga di dalam ruangan. Tanaman hias penyegar ruangan ini sangat kuat menyaring formalin, zat benzena dan zat tertentu yang dikeluarkan dari produk cat atau pembersih ruangan. 

Namun, tanaman ini akan menimbulkan iritasi kulit jika dipegang dan menyebabkan sakit kepala bila dimakan. Jadi wajib berhati-hati bagi yang memiliki hewan peliharaan atau anak-anak di rumah.

5. English Ivy


Tanaman English Ivy atau Hedera Helix cocok untuk pasien sakit asma dan alergi. Tanaman hias penyegar ruangan ini mudah tumbuh di bawah sinar matahari, tetapi jika disimpan di dalam rumah pertumbuhannya tidak terlalu cepat. 

Tanaman ini memiliki kemampuan menghilangkan benzena, formaldehida dan berbagai gas beracun yang dikeluarkan oleh bahan sintetis. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai pagar hidup di pabrik bahan sintetis.

6. Sirih Gading (Golden Pothos)


Selain cantik dan enak dipandang, sirih gading efektif menyingkirkan racun serta menyerap karbon monoksida dan formaldehid pada udara. Meski bulan penyaring zat formalin yang baik, kemampuan bertahan hidupnya sangat fantastis. 

Tanaman hias ini bisa dijadikan pengisi taman, penghias teras dan ruang tamu. Tanaman sirih gading sangat cocok disimpan di garasi atau di atas produk kayu.

7. Anggrek Dendrobium


Anggrek memang salah satu tanaman hias bunga yang sulit untuk dipelihara. Anggrek bisa menyaring udara dari polusi xylene yang ditemukan pada lem dan cat. 

Selain itu anggrek menghasilkan oksigen di malam hari sehingga cocok disimpan di kamar tidur anda. Dengan menempatkan anggrek di dalam interior rumah, anda bisa mendapatkan kesegaran serta keindahan.

8. Lidah Mertua


Lidah Mertua merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki kemampuan paling baik dalam menyaring zat formalin di udara yang dihasilkan dari produk pembersih, menyerap polutan rokok dan menyerap radiasi. 

Sekitar 107 polutan bisa diserap dan dikeluarkan dalam bentuk oksigen. Tanaman ini baik diaplikasikan pada ruang tamu atau kamar mandi dengan intensitas cahaya rendah dan tempat lembab.

9. Philodendron



Selain indah, tanaman Philodendron bermanfaat untuk menyehatkan udara di ruangan karena bisa menyerap polutan di udara. Tanaman ini mampu bertahan pada suhu dingin, lembab dan minim cahaya matahari. Tanaman Philodendron bisa tumbuh baik di tempat hangat dan cocok untuk tanaman hias di dalam interior rumah anda.

10. Lili Paris (Spider Plant)


Tanaman Lili Paris termasuk tanaman hias populer karena cepat tumbuh dengan warna daun menarik. Lili paris tidak membutuhkan sinar matahari langsung dalam pertumbuhannya sehingga cocok sebagai tanaman hias interior rumah anda. Tanaman ini bisa melawan zat berbahaya di udara seperti Benzena, formalin, karbon monoksida dan xylene.

11. Dragon Tree (Red-Edged Dracaena)


Dragon Tree termasuk tumbuhan semak yang berasal dari Madagaskar. Tanaman hias ini ampuh menyerap xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang ada di udara akibat lak, pernis dan bensin. 

12. Kemangi (Basil)


Ada mitos yang mengatakan bahwa Kemangi membawa cinta, gairah, keberuntungan dan kecantikan di rumah anda. Secara ilmiah, kemangi mengandung zat afrodisiak yang bisa digunakan sebagai anti depresan, antiseptik dan akti bakterial. Kemangi sangat cocok disimpan di dapur yang berjendela untuk menciptakan suasana segar di dapur anda.

13. Bunga Krisan


Bunga Krisan atau seruni adalah bunga warna-warni yang sangat indah dipandang mata. Penelitian NASA menyebut bahwa tanaman krisan adalah juara tanaman pembersih udara. 

Selain wangi dan indah, bunga ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida dan bahan kimia lain di udara. Anda bisa menanamnya di luar hingga bunga tumbuh dan memindahkannya ke dalam ruangan.

14. Lidah buaya


Selama ini lidah buaya banyak diketahui dalam produk perawatan kulit dan rambut. Selain penggunaan daun yang penuh vitamin untuk perawatan, lidah buaya bisa membersihkan udara dari formalin dan benzene di udara. Lidah buaya cocok disimpan di balik jendela yang terkena sinar matahari.

15. Tanaman Payung (Schefflera)


Tanaman Payung mudah dikenali karena sangat berkilau. Tanaman Payung bisa berumur panjang asal anda tetap menjaga daunnya bersih dari debu. Selain daunnya yang menarik, tanaman hias ini dikenal karena bisa membersihkan udara dari racun seperti benzena, formalin dan toluena, sehingga cocok untuk desain interior rumah anda bila ada anggota keluarga yang merokok.

16. Gerber Daisy


Tanaman Gerber Daisy memiliki ciri warna-warni cantik. Gerber Daisy bisa ditanamn di dalam pot di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trikloroetilen, bahan kimia yang sering digunakan di sektor industri. Gerber Daisy cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci maupun kamar tidur.

17. Azalea


Tanaman cantik ini memiliki bunga yang indah dan bisa menjadi suguhan mahal di dalam rumah anda. Tanaman hias bunga ini sangat baik melawan zat formalin di udara yang dihasilkan dari kayu furniture rumah anda. Agar tumbuh optimal, simpan di tempat yang terkena cahaya seperti di dekat jendela.

18. Beringin (Ficus Benjamina)


Ini bukanlah pohon beringin besar yang kerap dianggap angker. Umumnya, beringin yang tumbuh di dalam ruangan bisa bertahan di segala iklim. Meski bisa tumbuh besar di alam bebas, kini banyak pohon beringin bonsai khususnya jenis beringin berdaun loreng. Beringin bisa menyaring polusi berbahaya seperti formalin, benzena dan trichloroethylene. Dengan perawatan yang baik meski sulit, beringin bias berumur panjang.

19. Anthurium



Tanaman Anthurium sangat cantik dengan bunganya yang eksotis. Tanaman hias ini cocok disimpan di dalam interior rumah untuk menciptakan mood anda. Selain bunganya yang cantik, daunnya dapat menyaring ammonia, formalin, toluena dan xylene.

20. Lavender


Meski bukan termasuk tanaman pembersih udara, lavender mempunyai kemampuan menyegarkan udara yaitu mengeluarkan zat yang bisa membuat rileks, membantu sulit tidur dan menyembuhkan sakit kepala. Lavender sangat cocok disimpan di kamar anda.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman pembersih dan penyegar udara di rumah idaman anda, anda harus merawat tanaman tersebut dengan baik. 

Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman hias di rumah atau kantor, tetapi tetap perhatikan aspek penting seperti pencahayaan, penyiraman, pemupukan dan sebagainya. Anda harus memilih tanaman indoor yang baik, disamping bentuknya yang indah, juga memberi manfaat bagi penghuni rumah. Selamat berkreasi!

Related Posts